Pemkab Bolmut Peringati 1 Muharram 1440 H Dan Penyambutan Jamaah Haji musim Haji 1439 H

Pemkab Bolmut peringati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 H yang dirangkaikan dengan penjemputan Jamaah Haji di Masjid Agung Baiturrahman Boroko

Pemkab Bolmut Peringati 1 Muharram 1440 H Dan Penyambutan Jamaah Haji musim Haji 1439 H
Ist
Pemkab Bolmut peringati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 H yang dirangkaikan dengan penjemputan Jamaah Haji di Masjid Agung Baiturrahman Boroko 

Laporan Wartawan Tribun Manado Ferdinand Ranti

BOROKO, TRIBUNMANADO.CO.ID - (29/09) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmut peringati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 H yang dirangkaikan dengan penjemputan Jamaah Haji Musim Haji 1439 H yang bertempat di Masjid Agung Baiturrahman Boroko.

Diketahui, Jamaah Haji Bolmut yang berjumlah 20 Jamaah telah tiba di tanah air pada tanggal 25 September dan tanggal 26 September tiba di Bandara Sam Ratulangi Manado.

Kepala Kantor Kementerian Agama Bolmut Hi Sulaiman Amba SAg mengatakan bahwa musim Haji Tahun ini merupakan pelaksanaan yang paling aman dari sebelumnya, dimana mulai dari pemberangkatan, selama berada di Tanah Suci sampai pada saat pemulangan jamaah tidak ada permasalahan berat yang ditemui.

Mewakili Jamaah Haji Bolmut Dr Drs Hi Asripan Nani MSi dalam pesan dan kesannya menyampaikan rasa syukurnya seluruh jamaah yang berangkat ke tanah suci telah kembali dalam keadaan lengkap, karena kekompakan di antara sesama Jamaah tidak ada hambatan yang berarti selama pelaksanaan ibadah di Tanah Suci.

"Alhamdulillah seluruh rukun haji telah dilaksanakan oleh seluruh Jamaah Kabupaten Bolmut," katanya.

Untuk itu, disampaikan terima kasih kepada seluruh penyelenggara haji Kementerian Agama Bolmut, serta Pemerintah Daerah yang telah memberi dukungan terhadap kelancaran pelaksanaan ibadah Haji.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua IPHI Provinsi Sulawesi Utara Ir Hi Djafar Alkatiri MM M PdI menyampaikan hikmah Tahun Baru Islam dan keutamaan Ibadah Haji.

Sementara itu, Bupati Bolmut Drs Hi Depri Pontoh mengatakan Tahun Baru Islam didasarkan pada peristiwa Hijrah Rasulullah SAW dari Makkah ke Madinah.

Dan salah satu makna penting Hijrah adalah adanya proses transformasi dari kegelapan menuju peradaban yang tercerahkan.

"Karena itu, pada momentum peringatan 1 Muharram 1440 H ini, dirinya mengajak seluruh elemen masyarakat Bolmut untuk bersatu, meninggalkan segala perbedaan untuk bersama-sama membangun daerah yang lebih baik," kata papa Adit.

Lebih lanjut, Bupati Bolmut menyampaikan selamat datang kepada para Jamaah Haji Musim Haji 1439 H di Kabupaten Bolmut. Diungkapkan rasa bangga dan bahagia dapat menyambut kembalinya para Jamaah di Daerah.

Sebelumnya, di tempat yang sama dilaksanakan Sholat Gaib berjamaah untuk korban bencana Gempa dan Tsunami yang terjadi di Provinsi Sulawesi Tengah.

Turut hadir Ketua TP PKK Bolmut Dra. Hj Ainun Pontoh Talibo, Wakil Bupati Bolmut Drs Hi Amin Lasena MAP, Ketua DPRD Saiful Ambarak SPd I, Ketua MUI Bolmut Hi Dj Latamu, pimpinan Organisasi Islam, Pimpinan Perangkat Daerah, serta jajaran ASN.

Penulis: Ferdinand_Ranti
Editor: Ferra Faradila Rizki Sahibondang
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved