Identitas Asli Pelaku Upaya Pembunuhan Mantan Agen Rusia Terungkap

Sebuah situs investigasi di Inggris mengungkap identitas asli salah satu pelaku upaya pembunuhan mantan agen ganda RusiaSergey Skripal.

Identitas Asli Pelaku Upaya Pembunuhan Mantan Agen Rusia Terungkap
Dalam gambar yang dirilis organisasi investigasi Bellingcat, kanan merupakan Ruslan Boshirov, pria Rusia yang dituduh sebagai pelaku upaya pembunuhan mantan agen ganda bernama Sergey Skripal. Sementara kanan diduga foto masa muda Boshirov yang identitas aslinya adalah Anatoly Chepiga, perwira intelijen Rusia.(Bellingcat/Russia Today) 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Sebuah situs investigasi di Inggris mengungkap identitas asli salah satu pelaku upaya pembunuhan mantan agen ganda Rusia Sergey Skripal.

Bellingcat, organisasi yang menelusuri keterlibatan Rusia di konflik luar negeri melaporkan, pria bernama Ruslan Boshirov sebenarnya adalah Anatoly Chepiga.

Dilansir BBC Kamis (27/9/2018), Chepiga merupakan seorang perwira menengah di dinas intelijen Rusia (GRU) dengan pangkat Kolonel.

Dia lahir pada 1979 di desa Nikolayevka di kawasan Timur Jauh Rusia, dan menyelesaikan pendidikan militernya di akademi setempat.

Dia ditransfer ke Moskwa pada 2009, di mana Chepiga mendapat identitas palsu bernama Rusia Boshirov, dan menjalankan penyamaran selama sembilan tahun terakhir.

Dia pernah melaksanakan tugas di Ukraina dan Chechnya. Situs organisasi paramiliter DOSAAF menyebut Chepiga pernah tiga kali bertugas di Chechnya.

Pada Desember 2014, dia menerima penghargaan Pahlawan Federasi Rusia. Medali itu diduga dilaksanakan secara rahasia, dan dilakukan PresidenVladimir Putin.

Laporan Bellingcat itu mendapat respon juru bicara Kementerian Luar Negeri Maria Zakharova yang menyatakan tak punya bukti kuat.

"Mereka terus menyebarkan informasi untuk mengalihkan isu utama: APA YANG TERJADI DI SALISBURY?" kata Zakharova dalam unggahannya di Facebook.

"Pertanyaannya tetap sama. Kapankah London bakal menyediakan bukti siapa saja yang terlibat dalam insiden Salisbury?" lanjut dia dikutip AFP.

Halaman
12
Editor: Indry Panigoro
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved