Masyarakat Desa Matayangan Sempat Menolak Vaksin MR Rubella

Masyarakat di Desa Matayangan awalnya tak menerima vaksin Measles Rubella (MR) kepada anak-anak, dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Bolmong.

Masyarakat Desa Matayangan Sempat Menolak Vaksin MR Rubella
IST
Tim Dinkes Bolmong menghadirkan Kemenag dan Dinkes Provinsi untuk melakukan edukasi dan penjelasan terkait vaksin MR Rubella di Desa Matayangan 

TRIBUNMANADO.CO.ID, LOLAK - Masyarakat di Desa Matayangan, Kecamatan Dumoga Barat, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) awalnya tak menerima vaksin Measles Rubella (MR) kepada anak-anak, dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Bolmong.

Namun, Dinkes Bolmong tak patah semangat dengan melakukan advokasi dan penjelasan dengan menghadirkan Kemenag Bolmong dan Dinkes Provinsi guna menjelaskan terkait MR Rubella.

Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinkes Wiyono mengatakan, bahwa masyarakat awalnya tidak menerima kalau anak-anak mereka untuk di imunisasi MR.

Tapi semenjak dikunjugi oleh Dinkes, Kemenag, dan Kementerian pada waktu lalu dan diberikan penjelasan tentang MR, maka mereka meminta untuk di Vaksin MR Rubella.

"Mereka tidak mau anak-anak mereka akan di vaksin MR, tapi saat menerima penjelasan maka sudah berminat untuk di vaksin," ungkapnya ,kepada Tribun Manado, Rabu (26/9).

Kadis Dinkes Bolmong Sahara Albugis menambahkan, masyarakat di Kabupaten Bolmong sempat percaya dengan adanya isu terkait vaksin yang tidak halal. Untuk itu pihaknya, tetap akan berusaha menjelaskan dan memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa vaksin dari Dinkes itu halal.

"Dan saya berharap masyarakat bisa memahami ini, hingga semua masyarakat di Kabupaten Bolmong akan menerima ini," jelasnya.

Makanya, target di Bolmong sempat melambat karena dipengaruhi oleh pemahaman masyarakat tentang fatwa MUI, dan masyarakat perlu pendampingan dalam mengambil keputusan.

Penulis: Maickel_Karundeng
Editor: Siti Nurjanah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved