Kubu Jokowi-Ma'ruf Sebut Pernyataan Buni Yani Seolah-olah Prabowo Bisa Intervensi Proses Hukum

Ace menanggapi pernyataan Buni yang berharap Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menang di Pilpres 2019 agar dirinya tidak dipenjara.

Kubu Jokowi-Ma'ruf Sebut Pernyataan Buni Yani Seolah-olah Prabowo Bisa Intervensi Proses Hukum
Nibras Nada Nailufar/kompas
Buni Yani dalam konferensi pers soal kasus hukum penyebaran kebencian yang menjeratnya, di Wisma Kodel, Setiabudi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Juru bicara Tim Kampanye Nasional Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Ace Hasan Syadzily, mengingatkan terdakwa kasus pelanggaran Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) Buni Yani bahwa kasusnya tak bisa diintervensi siapa pun.

Hal itu disampaikan Ace menanggapi pernyataan Buni yang berharap Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menang di Pilpres 2019 agar dirinya tidak dipenjara.

"Soal pernyataannya Buni Yani bahwa kalau Pak Prabowo tidak terpilih kembali, itu kan artinya bahwa Pak Prabowo bisa mengintervensi proses hukum, seolah-olah, kan, begitu," kata Ace di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (25/9/2018).

"Negara kita kalau seperti itu berati bukan negara hukum, negara kekuasaan itu namanya, intervensi eksekutif terhadap yudikatif. Itu yang tidak boleh, nanti kacau hukum kita," lanjut Ace.

Ia mengingatkan, Buni Yani agar berhati-hati saat bicara soal hukum. Apalagi, kata Ace, Indonesia merupakan negara hukum, bukan kekuasaan.

"Itulah yang saya bilang apa namanya berarti (seolah) eksekutif bisa mencampuri dominasi yudikatif. Kalau memang proses hukum itu bisa berjalan sendiri-sendiri, ya saya kira harus hormati proses hukum itu," ucap Ace.

"Oleh karena itu, menurut saya, kita hati-hati dalam bicara soal hukum karena itu domain dari penegak hukum dan kita harus hormati gitu," lanjut dia.

Baca juga: Koordinator Jubir: Prabowo Tak Akan Intervensi Kasus Buni Yani

Koordinator juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) pasangan Prabowo-Sandiaga, Dahnil Anzar Simanjuntak, sebelumnya mengatakan, Prabowo tak akan mengintervensi kasus Buni Yani jika terpilih menjadi presiden periode 2019-2024.

"Bukan cuma Buni Yani (tak akan intervensi), siapa saja, Pak Prabowo dan Bang Sandi dipastikan akan memilih para pimpinan-pimpinan institusi hukum yang berintegritas tinggi," ujar Dahnil saat dihubungi, Selasa (25/9/2018).

Halaman
12
Editor: Indry Panigoro
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved