Dirgahayu Sulut: Tuntutan Masyarakat hingga Ucapan Ketua DPRD

Ketua DPRD Sulut, Andrei Angouw didampingi Wakil Ketua Stevanus Vreeke Runtu, Marthen Manoppo dan Wenny Lumentut

Dirgahayu Sulut: Tuntutan Masyarakat hingga Ucapan Ketua DPRD
tribun manado/infografis:alex taroreh
Infografis ekonomi Sulut 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Ketua DPRD Sulut, Andrei Angouw didampingi Wakil Ketua Stevanus Vreeke Runtu, Marthen Manoppo dan Wenny Lumentut memimpin sidang paripurna istimewa.

Banyak pencapaian signifikan. Kata dia, semua bisa tercapai kalau berkerja sama. "Kalau kerja sendiri-sendiri akan sulit tercapai. Saya mengajak kita semua bahu-membahu memajukan daerah dan negara yang kita cintai ini," ujarnya.

Semangat gotong royong bagian dari Pancasila, nilai bangsa. Sulut pun punya falsafah yang sama, yakni ‘Sitou Timou Tumou Tou’. Artinya manusia hidup memanusiakan manusia yang lain.

Andrei Angouw
Andrei Angouw (TRIBUN MANADO/RYO NOOR)

Pancasila digali Bung Karno, sedangkan Sitou Timou Tumou Tou digali GSJ Sam Ratulangi dari nilai dan adat istiadat Sulut.

"Nilai Pancasila dan Sitou Timou Tumou Tou sudah ada dalam kepribadian bangsa sejak duhulu kala. Mari kita rawat nilai tersebut untuk kemajuan bangsa ke depan," kata dia.

Lewat sidang paripurna, pemerintah mengungkap semua capaian yang sudah dilakukan. Uniknya, para anggota DPRD pun ikut dijadikan momen untuk pelestarian budaya dengan mengenakan pakaian adat dari beragam daerah di Nusantara.

Pimpinan dewan semua menggunakan pakaian adat Minahasa. Anggota DPRD dari Bolmong mengenakan pakaian adat Bolmong.

Di akhir kata Andrei mewakili segenap pimpinan dan anggota DPRD Sulut mengucapkan selamat dirgahayu ke-54 Provinsi Sulut, semoga Tuhan Yang Maha Esa memberkati Sulut dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Taufik Tumbelaka
Taufik Tumbelaka (TRIBUN MANADO/RYO NOOR)

Tuntutan Masyarakat Makin Tinggi

Taufik Tumbelaka, pengamat politik dan pemerintahan mengatakan, saatnya Sulut bergegas dan menatap usia ke-55 tahun. Sekarang bukan hanya masalah capaian, tapi tuntutan masyarakat pada usia yang ke-55 tahun dan seterusnya akan semakin tinggi.

Tuntutan ini butuh komitmen besar dari semua pihak terlebih khusus dari Pemprov Sulut guna menjawab tantangan ke depan.

Halaman
1234
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help