Ribuan Orang yang Tergabung dalam Forkomnas DOB Kembali Duduki Gedung DPR RI Jakarta

Ribuan orang yang tergabung dalam Forkomnas DOB melakukan aksi di depan gedung DPR RI Jakarta, Senin (24/09/2018).

Ribuan Orang yang Tergabung dalam Forkomnas DOB Kembali Duduki Gedung DPR RI Jakarta
ist
Ribuan orang yang tergabung tergabung dalam Forum Komunikasi Nasional Daerah Otonom Baru (Forkomnas DOB) melakukan aksi di depan gedung DPR RI Jakarta, Senin (24/09/2018). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, TUTUYAN - Ribuan orang yang tergabung dalam Forum Komunikasi Nasional Daerah Otonom Baru (Forkomnas DOB) melakukan aksi di depan gedung DPR RI Jakarta, Senin (24/09/2018).

Ketua Forkomnas DOB, Sehan Landjar memimpin aksi tersebut, dalam aksi mereka meminta Jokowi-JK mengeluarkan Peraturan Pemerintah (PP) tentang otonomi daerah termasuk di dalamnya pemekaran daerah.

"Kami datang dari 173 perwakilan calon daerah otonom baru (CDOB), dengan total jumlah penduduk sekitar 40 juta penduduk," ujar Sehan Landjar.

Sehan, meminta Komite I DPD RI memanggil kembali Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dalam rapat kerja terkait soal alasan pemerintah tak kunjung menerbitkan PP tentang Pemekaran Daerah.

Lanjut dia, selama ini alasan dari Mendagri terbatasnya keuangan, sehingga bahasa itu membuat Forkomnas DOB sudah bosan untuk mendengar.

Ia menambahkan, aksi ini akan dilanjutkan ke istana negara bertemu dengan Presiden Joko Widodo.

"Saya minta anggota DPD RI, ikut aksi ini sampai istana negara," ujar dia lagi.

Ketua Komite I DPD RI, Benny Rhamdani mengatakan, pemekaran daerah adalah hak konstitusional warga yang harus diakomodir pemerintah.

"Kami telah menerima usulan yang telah diajukan oleh Forkomnas DOB, maka kami akan mendukung dan berjuang untuk pemekaran," ujar Benny Rhamdani.

Kata Benny, DPD telah menerima usulan pembentukan DOB sebanyak 173 usulan DOB, yang terdiri 16 usulan DOB Provinsi, 157 usulan DOB Kabupaten/Kota.

Selain itu juga, DPD telah mengundang Mendagri dalam Rapat Kerja pada tanggal 21 September 2015, 30 November 2015, 2 Maret 2016, dan 8 Juni 2016.

Dari pertemuan tersebut, membahas masalah Daerah Otonomi Baru (DOB). Bahkan Komite I Bersama Mendagri dan Kepala Daerah Induk Pengusul pembentuk DOB se-Indonesia telah melakukan konsolidasi nasional pembentukan DOB pada tanggal 4 Oktober 2016. (Ven).

Penulis: Vendi Lera
Editor: Indry Panigoro
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved