Pemkot Manado Bangga Atas Capaian Provinsi di HUT ke-54

Wakil Wali Kota Manado Mor Dominus Bastiaan menghadiri puncak peringatan hari ulang tahun ke-54 Provinsi Sulut di lapangan KONI Sario Manado.

Pemkot Manado Bangga Atas Capaian Provinsi di HUT ke-54
ISTIMEWA
Mor Dominus Bastiaan (kedua kiri di depan). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Wakil Wali Kota Manado Mor Dominus Bastiaan menghadiri puncak peringatan hari ulang tahun ke-54 Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) di lapangan KONI Sario Manado yang dilanjutkan dengan Sidang Paripurna Istimewa di Gedung DPRD Sulut Senin (24/09/2018) pagi tadi.

Duduk di deretan para kepala daerah se-Sulut, Wawali Mor yang mengenakan pakaian adat Nusa Utara yang turut didampingi Sekot Bart Assa mengikuti upacara yang dipimpin Gubernur Sulut Olly Dondokambey itu dengan khidmat.

Menanggapi prestasi yang dicapai Provinsi Sulut di usia ke-54, Wawali Mor Bastiaan mengatakan sebagai bagian dari Provinsi Sulut dan ibu kota provinsi, pemerintah serta masyarakat Kota Manado sangat bangga dengan capaian yang diraih Provinsi Sulut.

"Kami tentunya ikut merasa bangga dengan berbagai prestasi yang dicapai Provinsi Sulawesi Utara. Karena Kota Manado adalah bagian integral dari Provinsi Sulut. Kami akan terus mendukung program dari Pak gubernur dan Pak wakil gubernur. Sulut kerja prestasi hebat," ujarnya.

Dalam sambutannya, Gubernur Sulut mengatakan dalam rangka menggapai visi pembangunan daerah yakni terwujudnya Sulawesi Utara yang berdikari dalam ekonomi, berdaulat dalam politik, dan berkepribadian dalam budaya, serta menjadikan Sulawesi Utara sebagai salah satu pintu gerbang di Kawasan Timur Indonesia, maka telah banyak yang dilakukan pemerintah provinsi bersama pemerintah kabupaten/kota se-Sulut.

"Di mana, hasilnya signifikan serta memberikan kebanggaan yang nampak pada setiap lini sektor pembangunan, antara lain kemiskinan yang mampu ditekan melalui program OD SK hingga pada akhir tahun 2017 berada pada angka 7.9 persen atau menurun jauh jika dibandingkan angka kemiskinan pada 2016 yakni 8.89 persen, dan angka pengangguran yang juga ditekan hingga 6.09 persen pada semester pertama tahun 2018," tukas Gubernur OD.

Lanjut dikatakan, angka indeks pembangunan manusia Sulut terus meningkat menjadi 71.66 tahun 2017 dari sebelumnya 70.39 pada 2016, sedangkan angka harapan hidup meningkat menjadi 71.4 persen dan presentasi balita gizi buruk turun hingga mencapai 3.3 persen.

Di samping itu, kata Gubernur OD, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Sulawesi Utara sampai bulan Juli 2018 mencapai 206.264 orang atau melonjak drastis dibandingkan dengan jumlah kunjungan pada tahun 2015 yakni sebanyak 27.059 orang.

"Kuliner tinutuan, musik kolintang, musik bambu, tradisi mogama dan ritual monibi menjadi warisan budaya Sulut tingkat nasional tahun 2017. Sulut juga masuk ranking 10 nasional dalam bidang penanganan konflik sosial dan meraih peringkat pertama di tahun 2017 dalam penilaian indeks demokrasi Indonesia," ujarnya. (Tribun Manado/Finneke Wolajan)

Penulis: Finneke_Wolajan
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved