Olly: Dana Kampanye PDIP Rp 105 M, SBY Keluar dari Defile

Bendahara Umum PDIP, Olly Dondokambey mendatangi kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI untuk menyerahkan laporan awal

Olly: Dana Kampanye PDIP Rp 105 M, SBY Keluar dari Defile
tribun manado/infografis:alex taroreh
Infografis dana awal kampanye parpol 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA – Bendahara Umum PDIP, Olly Dondokambey mendatangi kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI untuk menyerahkan laporan awal dana kampanye PDIP. Olly menyebut dana awal kampanye partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu sebesar Rp 105 miliar.

"Dari total yang disetor ke kita ada Rp 105,752 miliar," kata Olly di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (23/9/2018). Gubernur Sulawesi Utara itu menuturkan, jumlah Rp 105 miliar itu baru dari internal partai, caleg yang berjumlah 569 orang dan dari DPP PDIP. Kata dia, hingga kini PDIP belum menerima bantuan dari pihak swasta sebagai dana kampanye.

"Dari total itu, Rp 103 (miliar) itu dari seluruh caleg, Rp 2,386 miliar itu dari DPP. Laporan kita semua caleg yang kita lapor (berjumlah) 569 (orang). Caleg PDIP yang sudah terdaftar di sini," ujar Olly.

Dana awal kampanye partai berlambang banteng moncong putih itu memang jauh lebih besar dari partai lainnya. Salah satu faktornya yakni jumlah yang diterima dari para caleg, di mana satu orang caleg rata-rata memberikan Rp 500 juta.

"Rata-rata dari kemampuan caleg kita, kita hitung. Satu caleg paling kampanye sekitar Rp 500 juta lah, satu orang paling habis," ujar Olly.

Partai Gerindra telah melaporkan dana awal kampanye dalam Pemilu 2019. Jumlah dana awal kampanye yang dilaporkan Rp 75,3 miliar. "Total laporan awal dana kampanye dari DPP Gerindra saat ini adalah Rp 75,3 miliar," ujar Bendum Gerindra Thomas Djiwandono di kantor KPU.

Thomas mengatakan, dana itu diterima dari seluruh caleg. Selain itu terdapat pula dana dari parpol hingga barang dan jasa. "Selebihnya dana dari partai itu Rp 1 miliar. Ada barang dan jasa ada tunai," ujar Thomas.

Partai Perindo telah menyerahkan laporan dana awal kampanye ke KPU. Wasekjen Perindo, Muhammad Sofyan menyebut dana awal kampanye partai pimpinan Hary Tanoesoedibjo hanya sebesar Rp 1 juta.

"Ya (Rp 1 juta) di rekening partai. Ini kan rekening khusus dana kampanye," kata Sofyan di gedung KPU, Jl Imam Bonjol", Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (23/9/2018).

Sofyan menuturkan dana awal kampanye Perindo memang tidak besar karena memang belum ada aktivitas kampanye yang dilakukan. "Rekening khusus dana kampanye kan baru dibuka tanggal 10 September. Jadi, aktivitasnya belum ada," terang Sofyan.

Halaman
1234
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved