Satelit Mini Tunjukkan Cara Bersihkan Sampah Luar Angkasa

Demonstrasi teknologi ini dirancang untuk mengeksplorasi menggunakan kamera 3D guna memetakan lokasi dan kecepatan'sampah antariksa,.

Satelit Mini Tunjukkan Cara Bersihkan Sampah Luar Angkasa
NASA
Misi RemoveDebris akan menguji coba metode pengambilan sampah di luar angkasa 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Sampah luar angkasa kian menjadi masalah yang mendapat perhatian lebih dari berbagai pihak.

Hal ini membuat para awak Stasiun Luar Angkasa Internasional ( ISS) melakukan serangkaian eksperimen dan proyek penelitian untuk menyelesaikannya.

Dalam percobaan yang dipimpin Inggris ini, mereka membuat sebuah satelit yang menempatkan jaring di orbit untuk mendemonstrasikan cara menangkap sampah-sampah antariksa itu.

"Pada 20 Juni 2018, ISS menyebarkan satelit NanoRacks- Remove Debris ke antariksa dari luar modul laboratorium Kibo Jepang," dikutip dari laman resmi Badan Antariksa AS (NASA), Kamis (20/09/2018).

"Demonstrasi teknologi ini dirancang untuk mengeksplorasi menggunakan kamera 3D guna memetakan lokasi dan kecepatan puing orbital atau 'sampah antariksa," sambungnya.

Rekaman yang didapatkan berupa video hitam-putih yang menunjukkan bagaimana jaring besar terlempar dari satelit mini itu.

Dengan jarak hampir 6 meter, jaring yang terlempar tersebut berhasil membungkus targetnya.

"Itu berhasil seperti yang kami harapkan," ungkap Profesor Guglielmo Alietti, direktur Pusat Antariksa Surrey dikutip dari BBC, Rabu (19/09/2018).

"Targetnya berputar seperti Anda mengharapkan potongan sampah yang tidak kooperatif berperilaku, tetapi Anda bisa melihat dengan jelas bahwa jaring menangkapnya dan kami sangat senang dengan hasil eksperimen ini," imbuhnya.

Jika ini pembuangan sampah antariksa yang sebenarnya, jaring tersebut akan ditambatkan pada stasiun satelit yang kemudian akan menariknya ke luar dari langit.

Halaman
12
Editor: Rine Araro
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help