Kapolda Terkenang Saat Masih Ikut Balapan

Kepulan debu beterbangan ketika puluhan mobil roda empat dengan spek balap off road secara bergantian melintas di rute yang disiapkan.

Kapolda Terkenang Saat Masih Ikut Balapan
Satu diantara peserta kelas winch Kapolres Minahasa, AKBP Christ Reinhard Pusung SIK turun di kategori Winch, berusaha menaklukan satu diantara stage yang disiapkan pada Final Battle Kejuaraan Daerah (Kejurda) IOF 2018 Piala Gubernur dan Kapolda Sulut di Sirkuit JMS Ring Road Manado, Sabtu (21/9/2018). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO -  Kepulan debu beterbangan ketika puluhan mobil roda empat dengan spek balap off road secara bergantian melintas di rute yang disiapkan.

Club otomotif Jeep Manado Siap (JMS) menggelar seri terakhir final battle Kejuaraan daerah (Kejurda) off road kategori Winch dan non Winch di sirkuit JMS Ring Road Manado, Sabtu (22/9/2018).

"Melihat lintasan seperti ini, jadi ingat waktu masih muda. Waktu itu masih muda sering main seperti ini," tutur Irjen Pol Bambang Waskito Kapolda Sulut saat membuka dan melepas peserta di box start.

Menyaksikan perlombaan seperti ini kapolda terkenang saat dia masih eksis ikut adu cepat dilintasan balap tanah. Bahkan dirinya sempat dibuat kaget dengan publikasan iven tersebut sudah tembus hingga daerah di Jawa melalui media sosial.

"Di grup WA sekolah, saya kaget ada teman posting informasi iven ini di grup," tambahnya.

Kapolda menjelaskan iven seperti ini sangat membantu tugas kepolisian, dalam mensosialisasikan dan kampanyekan keselamatan berlalu lintas.

Kapolda mengaku dirinya punya 'darah' yang sama dengan para komunitas khususnya otomotis suka dan senang dengan lomba balap, sehingga berupaya untuk hadir dalam kejurda ini.

Lewat iven seperti ini menjadi waduh untuk bersatu, lewat hobi seperti ini sambil menguji keterampilan.

"Ini ajang pemersatu, bagi kita semua. Bukan hanya driver melainkan mekanik juga diuji kemampuannya," tegas Waskito.

Penggemar kuda pacu ini juga menilai selain eksis didunia balap mobil, para komunitas offroad bisa mengambil peran di kegiatan sosial.

Kembali Waskito terkenang dan teringat waktu masih bertugas di Meulaboh terjadi bencana alam Tsunami dan yang bisa masuk wilayah sulit ada kendaraan IOF. "Tidak berharap bencana seperti disana, melainkan kalau mobil biasa tidak bisa masuk ke medan sulit, mobil-mobil seperti ini bisa masuk memberikan hal positif," tandasnya.

Harley Mangindaan ketua pengurus daerah (pengda) IOF Sulut mengatakan iven ini sudah digelar dalam beberapa seri disejumlah daerah di Sulut.

"Dalam menggelar iven ini sistemnya patungan atau arisan dan gelontoran satu dengan yang lainya karena belum ada bantuan pemprov, tapi karena hobi bersatu untuk Sulut bersama dengan ikatan motor Indonesia (IMI) Sulut saling bersinergi, bersatu dan menjadi sinar terang di Indonesia," urai Ai sapaannya.

Lanjut Ai, digelarnya iven ini pihak pengda IOF Sulut sudah saling koordinasi dengan ketua IMI Sulut James Sumendap. Dari amatan Tribun Manado, setiap kategori Winch dan non Winch adu cepat diatas lintasan berbeda dan dibagi dalam beberapa stage.

Nampak ada peserta yang berhasil dan gagal melalui trek. Khusus di kategori winch kendaraan roda empat memakai alat bantu untuk menarik kendaraan yang berada di kemiringan sekitar 80 derajat dan tertanam dalam pasir bercampur tanah. (crz)

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Indry Panigoro
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved