Medsos Prabowo dan Jokowi Diawasi: KPU Resmi Tetapkan Prabowo dan Jokowi Jadi Capres

Badan Pengawas Pemilu RI akan melakukan pengawasan terhadap akun media sosial milik pasangan calon presiden-calon wakil presiden

Medsos Prabowo dan Jokowi Diawasi: KPU Resmi Tetapkan Prabowo dan Jokowi Jadi Capres
jokowi dan prabowo pelukan 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Badan Pengawas Pemilu RI akan melakukan pengawasan terhadap akun media sosial milik pasangan calon presiden-calon wakil presiden yang didaftarkan ke KPU RI. "10 akun yang didaftarkan oleh capres-cawapres harus kita pantau. Biasanya akun-akun ini baru dan menyampaikan hal baik," ujar Anggota Bawaslu RI, Mochammad Afifudin.

Selain mengawasi akun media sosial milik pasangan capres-cawapres, pihaknya mengawasi materi kampanye atau apapun yang disampaikan di media sosial berkaitan dengan pemilu. "Misalnya ada ujaran kebencian atau fitnah kepada salah satu calon (presiden,-red) atau DPR, itu bisa kita take down," kata dia.

Untuk melakukan pengawasan, pihaknya sudah bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika. Menurut dia, kerjasama dengan instansi lain dilakukan karena Bawaslu tak mempunyai kewenangan melakukan penindakan.
"Fungsi penindakannya tidak bisa di kita. Tapi kita sudah MoU dengan semua platform dengan untuk bisa ditindak," katanya.
Prabowo dan Jokowi Resmi Capres

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akhirnya resmi menetapkan dua pasangan calon presiden-calon wakil presiden untuk pemilihan presiden (Pilpres) 2019. Penetapan dilakukan KPU setelah menggelar rapat pleno. Joko Widodo berpasangan dengan Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto berpasangan dengan Sandiaga Uno.

"Hasil rapat menetapkan bahwa 2 calon yang mendaftarkan ke KPU Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dinyatakan memenuhi syarat," ujar Ketua KPU RI, Arief Budiman.
Pihak kepolisian melakukan pengamanan cukup ketat di sekitar Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat saat penetapan capres dan cawapres. Sejumlah personel Brimob berjaga di depan kantor KPU.

Beberapa petugas memakai senjata berlaras panjang juga disiagakan di depan pintu masuk KPU. Tampak kendaraan taktis diparkir di depan kantor KPU. Meski dijaga ketat, namun polisi tidak melakukan penutupan arus lalu lintas di depan kantor KPU.
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono, mengungkapkan pihaknya telah menyiagakan personel untuk melakukan penjagaan. "Sudah kita siapkan semuanya (pengamanan),"kata Argo.

Namun Argo tidak menjelaskan jumlah personel, karena masih dalam proses persiapan. Kendaraan taktis juga disiagakan di lokasi yakni di Kantor KPU Pusat.
"Sedang disiapkan oleh roops ya, berapa-berapanya (jumlah personel)," jelas Argo.

Sandiaga Olahraga Lari Sebelum Ambil Nomor Urut

Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno akan mengatur dan mencari rute untuk hadir dalam pengambilan nomor urut Capres-Cawapres 2019 di KPU RI hari ini. Sebab dirinya tak mau menimbulkan kemacetan bila para pendukungnya memiliki keinginan untuk datang.

"Kita lagi mencari titik yang akan kita gunakan sebagai tempat berjalan kaki," kata Sandiaga di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis malam.

Halaman
1234
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved