Jokowi-Prabowo Ambil Nomor Bersamaan: SBY-Tommy Soeharto Jadi Jurkam

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno

Jokowi-Prabowo Ambil Nomor Bersamaan: SBY-Tommy Soeharto Jadi Jurkam
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (kiri) bersama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kanan) berjabat tangan usai mengadakan pertemuan di Kediaman Susilo Bambang Yudhoyono di Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Kamis (27/07/2017) malam. Pertemuan tersebut dalam rangka silaturahmi serta membahas berbagai permasalahan politik dan kedua partai sepakat bekerja sama tanpa koalisi. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno sebagai calon presiden-calon wakil presiden Pemilu Presiden 2019.

“Dua pasangan calon yang telah mendaftar ke KPU Joko Widodo-Ma’ruf Amin serta Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dinyatakan memenuhi syarat sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden peserta pemilu 2019,” kata Ketua KPU Arief Budiman dalam jumpa pers di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Kamis (20/9/2018).

Penetapan tersebut dituangkan dalam keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor 1131/PL.02.2-KPT/06/IX/2018 tentang penetapan calon presiden dan calon wakil presiden pemilihan umum tahun 2019.

Seusai penetapan, KPU akan mengambil nomor urut bagi pasangan capres-cawapres. Pengambilan ini akan dilakukan pada keesokan harinya, 21 September 2018.

KPU mewajibkan Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandiaga hadir saat pengambilan nomor urut di gedung KPU. Seusai pengambilan nomor urut, tahapan pilpres memasuki kampanye, yang diawali kampanye damai pada 23 September 2018. Kampanye akan selesai pada 13 April 2019 dan masa pencoblosan pada 17 April 2019.
Jumlah peserta saat acara pengambilan nomor dibatasi.

“Yang boleh masuk ruangan ada 100 orang di bawah, dan 50 orang masuk VIP ke dalam sini dari masing-masing pasangan,” ujar Komisioner KPU Ilham Saputra.

Tommy Soeharto
Tommy Soeharto ()

Acara pengambilan nomor urut akan dimulai pada pukul 20.00 WIB, Jumat (21/9) besok, yang dihadiri dua pasangan. Jokowi dan Prabowo akan mengambil nomor undian untuk nomor urut secara bersamaan.

“Nanti mereka akan ambil. Diambil dua-duanya nanti dibuka bersamaan untuk dilihat mereka dapat nomor urut berapa untuk pemilihan umum presiden,” kata Ilham.

Sementara itu, deretan selebriti Tanah Air masuk jajaran juru kampanye nasional Badan Pemenangan Nasional Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Pasangan suami-istri Ahmad Dhani-Mulan Jameela hingga Sultan Djorghi didapuk jadi jurkamnas.

Para ketum parpol Koalisi Indonesia Adil Makmur dipastikan menjadi jurkamnas Prabowo-Sandiaga. Mereka adalah Susilo Bambang Yudhoyono (PD), Sohibul Iman (PKS), Zulkifli Hasan (PAN), Hutomo ‘Tommy Soeharto’ Mandala Putra (Berkarya), dan Rhoma Irama (Idaman).

Halaman
12
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help