Optik Tunggal Membidik Segmen Anak-Anak

PT Optik Tunggal Sempurna akan terus melanjutkan ekspansi gerai hingga akhir tahun ini. Kini, perusahaan ritel tersebut mengoperasikan

Optik Tunggal Membidik Segmen Anak-Anak
KOMPAS/HERU SRI KUMORO
Perdagangan produk tekstil di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Selasa (9/10/2012). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - PT Optik Tunggal Sempurna akan terus melanjutkan ekspansi gerai hingga akhir tahun ini. Kini, perusahaan ritel tersebut mengoperasikan gerai Optik Tunggal dan Optik Tunggal Next Generations, yang masing-masing membidik segmen dewasa dan anak-anak.

Chairman Optik Tunggal, Alexander F Kurniawan, mengatakan saat ini sudah memiliki 115 gerai Optik Tunggal dan empat gerai Optik Tunggal Next Generations. "Targetnya untuk gerai biasa, kami harus membuka sembilan cabang sampai akhir tahun ini. Namun tergantung siap atau tidaknya mal. Kemudian gerai Next Generations akan tambah dua unit," ujar dia kepada KONTAN, Rabu (19/9).

Menurut Alexander, jejaring gerai Optik Tunggal sudah tersebar hampir di seluruh kota besar di Indonesia. Untuk pasar Indonesia bagian timur, Optik Tunggal sudah mulai merambah Manado dan Makassar.

Di sisi lain, Optik Tunggal melakukan penetrasi gerai Optik Tunggal Next Generations yang fokus membidik pasar lensa anak-anak. Pasar anak-anak cukup menggiurkan. Data menunjukkan, sebanyak 29,4% dari total jumlah penduduk Indonesia saat ini adalah mereka yang berusia di bawah 18 tahun. Namun, belum ada gerai optik yang khusus memenuhi kebutuhan segmen tersebut.

Alexander berujar, berdasarkan statistik Singapore Health Promotion Board, sebanyak 26% dari anak-anak berusia 12 tahun ke bawah mengalami masalah dengan mata. Kendati belum ada penelitian resmi, kondisi hampir serupa terjadi di Indonesia.

"Dengan adanya exposure dari teknologi mulai gadget dan lainnya, saya berkeyakinan tidak kurang dari 25% sudah membutuhkan kacamata. Jika ditotal, itu sudah 70 juta orang dan tidak ada yang memikirkan ini," klaim dia.

Atas dasar itu, Optik Tunggal membuka Optik Tunggal Next Generations untuk melayani anak-anak mulai usia balita hingga 14 tahun. Apalagi, pemeriksaan mata untuk anak-anak berbeda dengan dewasa, sehingga Optik Tunggal menyediakan tenaga ahli dan teknologi terbaru.

Oona Media Mulai Garap Mobile TV

Layanan digital memang tengah naik daun. Kondisi ini dimanfaatkan betul oleh PT Oona Media Indonesia, anak usaha PT NFC Indonesia Tbk (NFCX).
Perusahaan ini membuat aplikasi televisi (TV) mobile dengan nama Oona TV. Ini adalah hasil kerjabareng dengan salah satu anak usaha PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom), yakni PT Metranet.

Noerman Taufik, Chief Executive Officer PT Oona Media Indonesia menyebut pihaknya sengaja bermitra dengan Metranet karena sudah punya prasarana digital serta basis konsumen. Kerjasama tersebut bakal berlangsung selama tiga tahun.

Halaman
1234
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved