Dorong Program Ketahanan Pangan, TNI Menggerakan Babinsa Bantu Petani

TNI terus mendorong program ketahanan pangan dengan menggerakan para Babinsa untuk membantu petani dalam proses menanam dan menuai.

Dorong Program Ketahanan Pangan, TNI Menggerakan Babinsa Bantu Petani
TRIBUNMANADO/FELIX TENDEKEN
Babinsa membantu petani menanam di persawahan di Desa Tobayagan 

Laporan Wartawan Tribun Manado, Felix Tendeken

TRIBUNMANADO.CO.ID, MOLIBAGU -Tentara Nasional Indonesia (TNI) terus mendorong program ketahanan pangan dengan menggerakan para Bintara Pembina Desa (Babinsa) untuk membantu petani dalam proses menanam dan menuai baik itu di ladang maupun di persawahan.

Sebagaimana yang dilakukan oleh Babinsa Komando Rayon Militer (Koramil) 1303-06 Pinolosian Serda I Gede Sujana yang turun langsung ke dalam kubangan lumpur di arela persawahan milik Rusli Mokodompit di Desa Tobayagan Kecamatan Pinolosian Tengah (Pinteng), Kamis (20/9/2018).

Hal tersebut dilakukan sebagai langkah untuk mempercepat proses tanam yang digalakn oleh pemerintah mengikuti musim di wilayah selatan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang berbatasan langsung dengan Provinsi Gorontalo.

“TNI mendukung secara langsung di lapangan terhadap usaha pemerintah mewujudkan percepatan tanam padi,” Ujar Babinsa Tobayagan di sela-sela kesibukannya.

Kata dia, pihaknya tidak pernah ragu untuk turun langsung membantu petani menanam padi dan berbaur dengan petani termasuk mendenngarkan unek-unek mereka lewat kegiatan komunikasi kosial (Komsos).

Kemudian bertugas untuk mengontrol pertumbuhan tanaman termasuk memberikan pupuk sampai masuk pada masa panen raya.

“Keterlibatan Babinsa diharapkan mampu membantu hasil panen petani. Selain itu menguatkan motivasi petani untuk mengelolah lahan pertanian mereka,” jelasnya yang sudah melakukan pendampingan kepada para ppetani sejak Rabu (19/9).

Ditempat terpisah Plh Danramil 1303-06 Pinolosian Pelda Junil Tehalu saat dikonfirmasi mengatakan dengan adanya kegiatan ini diharapkan terus terjalin hubungan yang baik.

“Tentu bukan hanya kegiatan membantu dan mendampingi petani tanam padi, tetapi kegiatan-kegiatan sosial lainnya,” tandasnya.

Penulis: Felix Tendeken
Editor: Siti Nurjanah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help