CapitaLand Mengakuisisi Holding Tauzia

CapitaLand Limited semakin gencar melakukan ekspansi bisnis di Indonesia. Pengembang asal Singapura ini telah mengakuisisi 70%

CapitaLand Mengakuisisi Holding Tauzia
kontan
Saham di Bursa Efek Indonesia 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - CapitaLand Limited semakin gencar melakukan ekspansi bisnis di Indonesia. Pengembang asal Singapura ini telah mengakuisisi 70% saham perusahaan lokal, yakni Green Oak Hotel Management (GOHM).

GOHM merupakan holding perusahaan operator hotel Tauzia. Mengutip laman Businesstimes, Senin (17/9), nilai investasi yang telah digelontorkan CapitaLand untuk mengambilalih saham GOHM mencapai US$ 25,9 juta.

Keputusan mengakuisisi GOHM merupakan strategi CapitaLand dalam mengembangkan bisnis hospitality melalui The Ascott Limited, yang saat ini merupakan operator apartemen sewa.

Dengan kehadiran Tauzia, maka portofolio Ascott akan meningkat mendekati 20.000 unit di 122 hotel yang tersebar di Indonesia, Malaysia dan Vietnam. Secara total, portofolio CapitaLand dalam skala global tumbuh menjadi 94.000 unit. Jumlah ini melampaui target mereka hingga tahun 2020 sebanyak 80.000 unit.

CapitaLand telah membayar sebesar US$ 12,95 juta untuk pembayaran akuisisi GOHM di tahap pertama, Senin (17/9). Sedangkan sisanya akan dibayarkan setiap tahun selama lima tahun. Pembayaran tahunan akan dihitung dengan formula yang berkaitan dengan jumlah kamar hotel yang dibuka pada hotel-hotel tertentu yang dikelola GOHM di tahun mendatang.

Sebagian besar jaringan hotel Tauzia berlokasi di Indonesia, dengan hampir 60% di kota-kota utama seperti Jakarta, Bali, Bandung, Surabaya dan Yogyakarta. Sekitar 70% hotelnya melayani para pelancong bisnis dan konvensi, sementara sisanya ditargetkan untuk para wisatawan yang ingin berlibur.

"Sementara Ascott terus mengalami permintaan yang kuat dari ekspatriat dan pelancong korporasi. Kami dapat memanfaatkan peluang yang signifikan dalam segmen hotel kelas menengah, yang berkembang pada tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya," ungkap Kevin Goh, CEO Ascott.

CapitaLand memiliki proyek The Stature yang berlokasi di Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Proyek tersebut ditargetkan bakal rampung pada akhir tahun 2020 atau awal 2021. Adapun tower apartemen sewa akan dioperasikan dengan standar bintang lima oleh Ascott Limited. Sedangkan gedung perkantoran akan dijual, namun belum diputuskan kapan akan mulai dilepas ke pasar.

The Stature Jakarta merupakan proyek investasi pengembangan pertama yang dilakukan oleh CapitaLand di Indonesia. Perusahaan ini sebetulnya sudah masuk ke pasar dalam negeri dengan fokus di bisnis operator apartemen sewa lewat Ascott Limited.

Sharon Sng, Senior Vice President CapitaLand Singapore Malaysia Indonesia Limited mengatakan, pihaknya akan terus berekspansi properti di Indonesia. "Kami melihat potensi Indonesia masih sangat besar," ujar dia.

Halaman
1234
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help