Foto Produk Perlu untuk Jualan Online: Pelaku UMKM Sulut Terbantu

Jendela Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) Indonesia mendorong pengembangan UMKM agar dapat bersaing dengan daerah lain.

Foto Produk Perlu untuk Jualan Online: Pelaku UMKM Sulut Terbantu
TRIBUN MANADO/HERVIANSYAH
Workshop Kapabilitas dan Kapasitas UMKM Sulut di Kantor Perwakilan BI Sulut, Jumat (27/4/2018). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO – Jendela Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) Indonesia mendorong pengembangan UMKM agar dapat bersaing dengan daerah lain. Itu terlihat dari beberapa pelaku yang mulai aktif memasarkan produk melalui situs belanja online.

"Jualan online memungkinkan setiap pelaku usaha memasarkan produknya hingga ke luar daerah, bahkan luar negeri dengan biaya promosi yang sangat murah," ujar Asep, Manajer Jendela UMKM Indonesia, Sabtu (15/9/2018).

Asep menambahkan, di sisi lain, kemampuan tambahan seperti melakukan foto produk, editing sederhana, hingga penambahan caption foto yang hendak dipasarkan melalui media online perlu diperkuat.

"Oleh karena itu, Jendela UMKM Indonesia menghadirkan mentor handal yang dapat melakukan pelatihan guna penguatan kapasitas pelaku UMKM. Tentu saja kami sesuaikan dengan kebutuhan keilmuan dan skill yang cocok bagi oleh pelaku UMKM," kata pria yang juga dosen di Universitas Sam Ratulangi (Unsrat).

Dalam pelatihan, Sabtu, 15 September 2018 bertempat di Rumah Kopi Boedjangan, Kampung Ternate, yang dihadiri oleh para pelaku usaha UMKM dari berbagai macam usaha, Jendela UMKM Indonesia sukses melakukan kegiatan "Blajar Foto Produk".

Kegiatan ini selain mengajarkan trik pengambilan gambar dengan smartphone, mentor juga membagikan aplikasi pendukung untuk pengambilan foto dan editing sederhana foto agar lebih menarik.

"Ini di luar ekspektasi saya, pelatihan ini sangat bermanfaat bagi kami pelaku usaha UMKM," ujar Richad Eu Owner Wedang Saraba Nyonya Martje asal Minahasa Selatan yang merupakan produsen minuman herbal asli Minahasa.

Mentor Jendela UMKM Indonesia, Irvan Nento mengungkapkan seorang pelaku usaha dapat memanfaatkan handphone sebagai alat bantu untuk mempromosikan produk usahanya.

"Tidak perlu dengan peralatan mahal, semua orang dapat mempelajarinya bagaimana meningkatkan kualitas foto produknya agar lebih menarik dan dipercaya konsumen," ungkapnya.

Menurutnya, kemampuan smartphone dalam mengedit dan mengelola foto produk sudah hampir setara dengan kemampuan editing lewat komputer, tentu saja dengan trik dan bantuan aplikasi sederhana.

Halaman
1234
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help