Rutan Kelas II A Manado dan Sanggar Primavista Jalin MoU Pembuatan Kolintang

Rumah Tahanan Negara Kelas IIA Manado bekerja sama dengan Sanggar Primavista, menandatangi MOU

Rutan Kelas II A Manado dan Sanggar Primavista Jalin MoU Pembuatan Kolintang
Istimewa
Rumah Tahanan Negara Kelas IIA Manado bekerja sama dengan Sanggar Primavista, menandatangi MOU untuk pembuatan alat musik tradisional kolintang, Minggu (16/9/2018). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Rumah Tahanan Negara Kelas IIA Manado bekerja sama dengan Sanggar Primavista, menandatangi MOU untuk pembuatan alat musik tradisional kolintang, Minggu (16/9/2018).

Penandatangan MOU itu dilakukan langsung oleh Kepala Rumah Tahanan Kelas IIA Manado, Raden Budiman Priatna Kusumah, dan Direktur Sanggar Primavista Stave Tuwaidan disaksikan Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sulut, Eddy Hardoyo.

Momen prestisius itu merupakan era baru di Rutan Manado dalam memanfaatkan potensi Warga Binaan Pemasyarakatan untuk membuat kolintang.

Baca: Rutan Manado Gelar Deklarasi Hapus Buta Huruf Al Quran

Kolintang itu akan dipasarkan oleh Stave dan kawan-kawannya dari Sanggar Primavista di Lembean, untuk mempopulerkan alat musik tradisional yang berasal dari Sulut tersebut.

Langkah ini sekaligus gebrakan awal Budi Kusumah yang baru dua pekan menjadi orang nomor satu di Rutan Manado.

Sanggar Primavista, dalam MOU tersebut, akan memberikan pendampingan dan pelatihan khusus untuk mengerjakan alat kolintang bagi Warga Binaan Pemasyarakatan di Rutan Manado dari awal hingga rampung.

Untuk menopang semua tahapan tersebut, Budiman Kusumah telah membentuk Tim Kreatif dari para perangkatnya.

Budiman Kusumah dalam laporan awalnya menjelaskan, kerja sama antara Rutan dan Sanggar Primavista sangat singkat dibicarakan. Namun, langsung terealisasi karena saling menguntungkan kedua pihak.

Apalagi, akan memanfatkan potensi terpendam dari Warga Binaan dalam menyalurkan kreatifitasnya.

Menurut mantan Kepala Rutan Bandung itu, selain mendapat pandampingan untuk pelatihan, maka akan banyak tenaga-tenaga terampil yang hadir di Rutan.

Baca: Hari Ini Ada Pelatihan Kolintang di Rutan Kelas II A Manado

Halaman
12
Penulis: Nielton Durado
Editor: David_Kusuma
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved