Jokowi Pakai Istilah Relawan Kardus: Sebut Projo Militansi Tinggi

Istilah kardus yang dipopulerkan oleh Wakil Sekjen Partai Demokrat, Andi Arief, ternyata dipakai juga oleh Presiden Joko Widodo

Jokowi Pakai Istilah Relawan Kardus: Sebut Projo Militansi Tinggi
TRIBUNNEWS
Presiden Jokowi 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Istilah kardus yang dipopulerkan oleh Wakil Sekjen Partai Demokrat, Andi Arief, ternyata dipakai juga oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ketika hadir di penutupan rapat kerja Pro-Jokowi (Projo), ia menyebut relawan organisasi pendukungnya itu bukan relawan kardus.

"Saya meyakini, relawan Projo ini bukan relawan kardus, namun betul-betul relawan militansi tinggi dan ingin ikut memperbaiki negara ini," ujar Jokowi di penutupan rapat kerja nasional IV relawan Projo, di Sahid Jaya Hotel, Jakarta, Minggu (16/9).

Tak dijelaskan apa yang dimaksud relawan kardus. Andi Arief menggunakan kata jenderal kardus untuk menyentil Prabowo Subianto karena dianggap tidak komitmen terhadap Partai Demokrat soal calon wakil presiden

Dalam arahannya, Jokowi berpesan agar Projo selalu menyampaikan optimisme. Selain itu minta agar ajang Pilpes 2019 diisi adu program, adu ide, serta adu gagasan.

"Dari dulu kan kita selalu menyampaikan optimisme, menyampaikan program, menyampaikan apa yang kita kerjakan. Saya kira kontestasi ini memang harus diisi dengan kontestasi program," ucap Jokowi.
Ketika memasuki ruangan acara, Jokowi dielu-elukan oleh peserta rapat kerja nasional Projo. "Jokowi presiden, Jokowi presiden, Jokowi presiden," teriak para relawan Projo.

Jokowi menegaskan relawan pendukungnya tidak akan menggunakan isu menyangkut suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) di Pilpres 2019. Saat ditanya mengenai wacana debat calon presiden menggunakan bahasa Inggris, Jokowi mengatakan usulan itu tak relevan.

Calon Presiden dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Joko Widodo atau Jokowi (tengah) menghadiri acara jumpa pers posko relawan Pro Jokowi (Projo) di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan, Jumat (11/4/2014). Selain bertemu dengan relawan pemenangan, Jokowi juga meresmikan Rumah Jokowi.
Calon Presiden dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Joko Widodo atau Jokowi (tengah) menghadiri acara jumpa pers posko relawan Pro Jokowi (Projo) di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan, Jumat (11/4/2014). Selain bertemu dengan relawan pemenangan, Jokowi juga meresmikan Rumah Jokowi. (TRIBUNNEWS/HERUDIN)

Alasannya, Indonesia memiliki bahasa persatuan yakni bahasa Indonesia. "Kita ini kan bangsa Indonesia, kita punya bahasa nasional Indonesia," ujar Jokowi.

Sebelumnya Ketua DPP PAN Yandri Susanto mengatakan kubu Prabowo-Sandi berencana mengusulkan debat kandidat menggunakan bahasa Inggris. Alasannya, pemimpin Indonesia bakal bergaul dan banyak berbicara di forum internasional yang menggunakan bahasa Inggris.

"Presiden bergaul di dunia internasional, supaya tidak ada kesalahan komunikasi dan salah tafsir, memang penting calon presiden matang dalam menguasai bahasa Inggris," ujar Yandri.

Jadi negara maju

Halaman
12
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help