Inilah Awal Mula Hanyutnya Rakit Aldi Novel Adilang, Warga Wori yang Terdampar di Jepang

Pada 14 juli 2018 seharusnya Aldi Novel Adilang (18) sudah menikmati hasil tangkapan di Pulau Doi, Ternate.

Inilah Awal Mula Hanyutnya Rakit Aldi Novel Adilang, Warga Wori yang Terdampar di Jepang
Tribun manado / Andreas Ruaw
Aldi novel Adilang menunjukkan foto saat diselamatkan dari laut, Minggu (16/9/2018) 

TRIBUNMANADO.CO.ID, AIRMADIDI - Pada 14 juli 2018 seharusnya Aldi Novel Adilang (18) sudah menikmati hasil tangkapan di Pulau Doi, Ternate.

Tapi pukul 07.00, angin selatan bertiup kencang menerpa rakit Aldi yang bekerja di Ternate sejak April 2018 (wilayah kerja penangkapan ikan ialah Laut Manado, laut Makalehi dan Ternate)

Rakit Aldi lepas karena gosokan tali yang kuat pada bantalan rakit temannya. Tali itu belum sempat terikat pada ponton.

Rakit menjauh kencang karena derasnya arus. Kapal penangkap ikan dari Pangkalan Dua berusaha menunggu di rakit yang lain. Tapi ternyata rakit hanyut tak lewat situ.

Mulai saat itu Aldi belajar bertahan hidup. Generator, tabung gas, lampu, radio HT, tenaga surya antena, baju, beras, rempah-rempah, peralatan dapur bahkan Alkitab menjadi sarana mempertahankan hidup hingga lebih dari satu bulan.

Aldi sudah berpikir tak akan kembali. Ia menangis memikirkan orangtuanya. Hari ketiga suara HT-nya mulai putus-putus. Setelah seminggu kemudian signal hilang.

Baca: Nelayan Wori Hanyut dan Ditemukan Kapal Panama di Perairan Guam, Netizen: Kami Sebut Marcopollo

Seperti diberitakan, Kabar nelayan asal Wori Minahasa Utara, Aldi Novel Adilang (19), hanyut terbawa arus hingga perairan Guam pada pertengahan Juli 2018 dan ditemukan kapal berbendera Panama diperairan Guam pada Akhir Agustus langsung ditanggapi netizen.

Atas bantuan KJRI Osaka, Aldi telah dipulangkan ke kampung halamnnya pada awal September silam

Ketika kejadian Aldi bekerja penjaga lampu di rompong (rumah rakit di lautan) yang berjarak sekitar 125 km dari pesisir utara Manado.

Peristiwa ini diunggah akun Facabook Indonesian Consulate General Osaka yang diduga merupakan akun milik Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Osaka 14 September Silam.

Halaman
12
Penulis: David_Manewus
Editor: David_Kusuma
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved