Bank Mengerek Bunga Kredit Kendaraan

Bagi Anda yang ingin mencicil kendaraan bermotor bersiaplah merogoh dompet lebih dalam karena akan merasakan kenaikan bunga.

Bank Mengerek Bunga Kredit Kendaraan
Kompas.com
Bank Indonesia 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Bagi Anda yang ingin mencicil kendaraan bermotor bersiaplah merogoh dompet lebih dalam karena akan merasakan kenaikan bunga. Perbankan sudah menyiapkan strategi kenaikan bunga Kredit Kendaraan Bermotor (KKB).

Langkah ini untuk menyikapi kenaikan suku bunga acuan. Hingga Juni, bank sentral menaikkan BI 7 day reverse repo rate hingga 100 basis poin (bps), berlanjut 25 bps. Misalnya Bank Central Asia (BCA) yang menyebutkan suku bunga KKB akan naik menyikapi perkembangan pasar KKB belakangan ini.

Jan Hendra, Sekretaris Perusahaan BCA, menjelaskan, suku bunga kredit KKB akan disesuaikan dengan perkembangan pasar atau naik sebesar 50 basis poin (bps). "Biasanya kredit konsumer seperti KKB akan terpengaruh dengan kenaikan suku bunga," kata Jan Hendra kepada KONTAN, Kamis (13/9).

Selain BCA, Bank CIMB Niaga akan menaikkan suku bunga kredit kendaraan bermotor sebesar 100 bps. "Tidak bisa tidak kami akan menaikkan suku bunga kredit kendaraan bermotor sebesar 100 bps," kata Lani Darmawan Direktur Konsumer Bank CIMB Niaga.

Namun ada juga yang masih belum mau menaikkan suku bunga KKB. Manajemen Bank Rakyat Indonesia (BRI) mengaku belum akan menaikkan suku bunga kredit kendaraan bermotor atau KKB sampai akhir tahun 2018.

Tujuannya agar kenaikan bunga tidak mengganggu target pertumbuhan kredit KKB pada tahun ini. Sutadi, Executive Vice President (EVP) BRI mengatakan, memang kenaikan suku bunga akan menyebabkan pengaruh ke kredit konsumer, misalnya KKB.

"Jadi kita berusaha menjaga suku bunga kredit, jika bunga kredit KKB naik dikhawatirkan target kredit KKB tidak terkejar," kata Sutadi.

Dampak ke penyaluran

Nah setelah era kenaikan bunga KKB, bagaimana penyalurant? Lain menyebutkan CIMB Niaga masih melakukan monitoring. Namun secara umum CIMB Niaga mencatat minat masyarakat untuk membeli mobi memang agak menurun akhir akhir ini.

Kredit konsumer seperti KKB ini menurut Sutadi, merupakan sektor yang paling sensitif terhadap kenaikan suku bunga. Makanya BRI masih enggan menurunkan suku bunga karena khawatir akan menggangu laju penyaluran kredit.

Halaman
1234
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help