Utusan Minut di Pemilihan Nyong Noni Sulut 2018, Luntungan : Selain Cantik, Harus Pintar

Minut mengutus tiga orang, yakni‎ Utu Minut 2017 Gino Vanderclay‎ Sepang, Keke Minut 2017 Wulandari Adoeng dan Keke Minut 2016 Pingkan Kiolol.

Utusan Minut di Pemilihan Nyong Noni Sulut 2018, Luntungan : Selain Cantik, Harus Pintar
ist

TRIBUNMANADO.CO.ID, MINUT - ‎Perhelatan tahunan pemilihan duta wisata Nyong Noni Sulawesi Utara (Sulut) tahun 2018 kembali digelar.

Tahun ini Hanny Jost Pajouw (HJP) ketua ikatan Nyong Noni Sulut menjadi ketua umum panitia pemilihan yang mengusung tema The colorfull of North‎ Sulawesi.

Kabupaten Minahasa Utara (Minut), satu diantara peserta kontestan pemilihan mengutus tiga orang, yakni‎ Utu Minut 2017 Gino Vanderclay‎ Sepang, Keke Minut 2017 Wulandari Adoeng dan Keke Minut 2016 Pingkan Kiolol.

"Selain cantik, harus pinter," kata ‎Theodora Luntungan Kepala Dinas Pariwisata Minahasa Utara (Minut) kepada Tribunmanado.co.id Rabu, (12/09/2018).

Disela-sela mendampingi kontestan pemilihan Nyong Noni Sulut dari Kabupaten Minahasa Utara (Minut), utusan Minut akan mempromosikan potensi pariwisata yang ada di Minut lewat penyampaian visi dan misi.

Satu diantaranya wisata bahari pulau Lihaga yang hingga kini terus menerus di kunjungi wisatawan lokal dan luar negeri khususnya Cina.

Lewat momentum itu diambil sesi video di pulau Lihaga untuk diputar pada pemilihan Nyong Noni Sulut.

"Melalui ajang ini dan para duta yang akan menjadi pemenang diharapkan akan mempromosikan, bukan hanya provinsi pariwisata di Sulut pada umumnya melainkan di Minahasa Utara (Minut). Termasuk keberadaan Kabupaten Minut sebagai lokasi Kawasan ekonomi khusus (KEK) Pariwisata," urainya.

Pesona pulau Ligaha dengan butiran pasir putih dan keindahan bawah lautnya membuat pulau Lihaga saat ini menjadi destinasi yang paling banyak di kunjungi.

Melalui tour and travel menyajikan penawaran tour atau trip tiga pulau Bunaken, Siladen, Nain atau Mantehage dan finish di Lihaga.

"‎Khusus pulau Lihaga setiap hari lima kali trip wisatawan dari Cina datang menggunakan perahu, dengan kapasitas satu perahu bermuatan 60 orang. Mereka kebanyakan mengeksplore potensi bawah laut disana," terangnya.

Luntungan menambahkan, untuk biaya masuk ke lokasi wisata Pulau Lihaga per orang rp 25 ribu. Mengapa ada biaya masuk karena pulau Lihaga milik pribadi dan saat ini pemkab Minut bekerja sama dengan pemerintah desa Lihaga mengelola tempat itu lewat program Bumdes.

"Jadi selain potensi wisata bahari, di Minut lagi ramai-ramainya didatangi wisatawan di lokasi wisata buatan Raewaya Hils, Kekewang dan rumah alam di ring road. Ada juga wisata budaya yaitu Waruga," tandasnya.

‎Adapun prestasi Minut diajang pemilihan Nyong Noni Sulut tahun 2017, menggondol predikat Nyong dan Noni Intelegensia atas nama Nyong Orlando Kourow dan Noni Hana Imbar.(crz)

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Indry Panigoro
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved