Pemkot Kotamobagu Kesulitan Bebaskan Lahan Air Terjun Molipungan

Pembebasan lahan tahap awal di Wisata Alam Air Terjun Molipungan Desa Kobo Kecil Kecamatan Kotamobagu Timur

Pemkot Kotamobagu Kesulitan Bebaskan Lahan Air Terjun Molipungan
Air Terjun Molipungan Desa Kobo Kecil 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pembebasan lahan tahap awal di Wisata Alam Air Terjun Molipungan Desa Kobo Kecil Kecamatan Kotamobagu Timur hingga saat ini belum bisa dilaksanakan.

Pemerintah Kota Kotamobagu masih terkendala dengan harga yang ditawarkan warga pemilik lahan.

"Masih proses untuk pembebasan lahan. Mengenai harga belum sesuai," ujar Meifi Muhamad Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Kotamobagu, Rabu (12/9/2018).

Baca: Bikers Subuhan Kotamobagu Peringati Tahun Baru Islam Bersama Pemkot

Kepala Bidang Pariwisata Hasna Pasambuna mengatakan pembebasan lahan awal yakni untuk tempat souvenir.

"Untuk tahap awal kita akan bebaskan lahan 700 meter persegi. Itu untuk tempat souvenir. Namun dalam perencanaan memang sudah sampai lahan parkir. Secara bertahap kita bebaskan," ujar Hasna.

Lanjut Hasna, saat ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Kotamobagu masih akan merencanakan lagi anggaran untuk pembebasan lahan tahun depan.

"Sambil kita menunggu itu. Sesuai laporan sangadi, masyarakat Kobo Kecil dengan menggunakan dana desa sudah membuat tangga sebagai jalan akses hingga tingkat empat air terjun," ujar Hasna.

Baca: Dinas Kearsipan Perpustakaan Kota Kotamobagu Simpan Sambutan Wali Kota di Setiap Kegiatan

Lanjut Hasna untuk akses atau jalan masuk ke Air Terjun Molipungan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata telah mengusulkan ke instansi terkait dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum.

"Kami berharap masyarakat Kobo Kecil sekitar Lokasi Air Terjun Molipungan agar sadar dan mendukung pemerintah. Karena pengembangan destinasi itu juga untuk masyarakat sekitar. Banyak hal yang bisa didapat. Mereka kemungkinan akan bertemu dari turis asing yang datang berwisata. Masyarakat juga bisa menjual souvenir atau menawarkan jasa yang lain," ujar Hasna. (dik)

Penulis: Handhika Dawangi
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help