Kodim Dampingi Petani Dalam Proses Tanam

Komando Distrik Militer (Kodim) 1303 Bolaang Mongondow terus mendampingi para petani dalam proses kegiatan tanam di Desa Tolotoyon

Kodim Dampingi Petani Dalam Proses Tanam
TRIBUNMANADO/FELIX TENDEKEN
Pendampingan TNI kepada petani di Desa Tolotoyon 

Liputan Wartawan Tribun Manado, Felix Tendeken

MOLIBAGU, TRIBUNMANADO.CO.ID - Dalam rangka mensukseskan program ketahanan pangan, maka Komando Distrik Militer (Kodim) 1303 Bolaang Mongondow (Bolmong) terus mendampingi petani dalam proses kegiatan tanam.

Pendampingan tersebut akan terus berlangsung selama masa tanam tahun 2018.

Kali ini wilayah Komando Rayon Militer (Koramil) 1303/06 Pinolosian, menerjunkan Bintara Pembina Desa (Babinsa) Serda Sangkala untuk mendampingi kelompok tani (Poktan) 'Maskapai Satu' di Desa Tolotoyon, Kecamatan Pinolosian, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) dalam proses penanaman.

"Kami mendampingi para petani memberikan mereka semangat agar sukses dalam program swasembada pangan," jelas Sangkala, Rabu (12/9).

Kata Serda, kegiatan pendampingan tanam padi di areal persawahan seluas satu hektare, milik Aripin Simo (Poktan) Maskapai, sudah dilakukan sejak Selasa (11/9).

"Yang ditanam padi jenis varietas Inpari," jelas Serda.

Dijelaskan, sebelum proses penanaman padi, terlebih dahulu dilakukan pengambilan bibit yang sudah disemai di persawahan milik Aripin Simo, setelah itu ditanam di areal yang sudah disiapkan.

"Tentu kami sebagai petani sangat bersyukur atas bantuan yang diberikan, apalagi Babinsa turun langsung kedalam sawah memudahkan kami dalam proses penanaman," jelas Aripin.

Adapun pola tanam yang digunakan adalah sistem jajar legowo (Jarwo) dengan harapan dapat meningkatkan pertumbuhan produksi yang akan menghasilkan panen melimpah dengan hasil berkualitas.

Terpisah Plh Danramil 1303-06/Pinolosian Pelda Junil Tehalu, mengungkapkan pendampingan tersebut bukanlah sekali dilakukan, melainkan sudah menjadi kewajiban.

"Tentu dengan harapan para petani lebih termotivasi dalam mengelola dan merawat tanaman padi sehingga produksi pangan lebih meningkat," tandasnya. 

Penulis: Felix Tendeken
Editor: Ferra Faradila Rizki Sahibondang
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved