Apa Boleh Anak Minum Kopi?

Meski belum ada riset yang mengatakan jika ada efek buruk kopi bagi anak, tapi hal ini bukan berarti anak-anak tidak memiliki resiko.

TRIBUNMANADO.CO.ID - Meski belum ada riset yang mengatakan jika ada efek buruk kopi bagi anak, tapi hal ini bukan berarti anak-anak tidak memiliki resiko yang sangat besar.

Saat ini olahan kopi di banyak gerai kopi cenderung manis dan tak sedikit anak-anak yang juga menyukainya.

“Saya belum menemukan alasan anak-anak harus mengonsumsi kopi,” ungkap Terry Cralle, perawat dan anggota organisasi Better Sleep Council seperti dikutip dari Fatherly.

Ia menambahkan, para ahli belum mengetahui dengan pasti bagaimana kafein memengaruhi perkembangan otak pada anak-anak atau remaja.

Sampai saat ini belum jelas soal data berapa banyak anak-anak yang mengonsumsi kopi. Namun, menurut laporan dari American Academy of Pediatrics (AAP), lebih dari 70 persen anak-anak mengosumsi kafein setiap hari. 

Baca: Empat Minuman Sehat Ini Bisa Jadi Alternatif Pengganti Kopi

Jumlah tersebut kian meningkat seiring mereka bertambah seiring mereka dewasa.

Baca: Ternyata Ada Risiko Kafein Berlebih Loh dalam Minuman Anak

Dalam studi terhadap 4.000 anak sekolah, misalnya, terungkap anak-anak yang mengonsumsi kopi atau minuman ringan dua kali berisiko mengalami gangguan tidur.

Kendati FDA tidak memiliki rekomendasi resmi soal asupan kafein untuk anak-anak, negara Kanada lebih dulu membatasi maksimal 45 mg per hari.

AAP bahkan lebih ketat, sehingga membuat orangtua tidak boleh memberikan minuman berkafein kepada anak sama sekali.

Di sisi lain ada sebagian ahli yang tidak terlalu khawatir tentang kopi, dibandingkan minuman berkafein lainnya. Tidak seperti soda, misalnya, kopi cenderung sangat pahit. 

“Saya tidak menentang anak-anak minum kopi,” Kristin Koskinen, seorang ahli gizi dan ibu lima anak. 

“Terus terang, rasa pahit biasanya menjauhkan anak-anak dari itu atau membatasi asupan mereka untuk satu atau dua kali tegukan.”

Editor: Indry Panigoro
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help