Sudah Tahu Belum Gejala Rabies Itu Seperti Apa? Nah Berikut Gejala dan Penanganannya

Rabies atau penyakit anjing gila adalah penyakit hewan menular yang dapat menyerang manusia.

Sudah Tahu Belum Gejala Rabies Itu Seperti Apa? Nah Berikut Gejala dan Penanganannya
Kompas.com
Anjing 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Salah satu penyakit yang bisa menyebabkan kematian pada manusia adalah rabies.

Rabies atau penyakit anjing gila adalah penyakit hewan menular yang dapat menyerang manusia.

Penyakit ini disebabkan oleh virus dari genus Lyssavarius yang berarti mengamuk atau kemarahan dalam Bahasa Yunani. Serupa dengan namanya, penyakit ini biasanya disebarkan oleh anjing atau kucing melalui gigitan atau air liurnya.

Menurut data tahun 2013 dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), setiap tahun rata-rata ada 55.000 korban meninggal karena rabies dan 95 persen dari jumlah tersebut terjadi di Asia dan Afrika. Sekitar 30 hingga 60 persen korban adalah anak-anak di bawah usia 15 tahun.

Sebelum hal buruk menimpa kita, drh. Fadjar Sumping Tjatur Rasa, Direktur Kesehatan Hewan dari Kementerian Pertanian RI menjelaskan beberapa gejala rabies pada hewan seperti anjing, kucing, dan kera.

Gejala rabies

Menurut Fadjar, anjing, kucing, atau kera yang terjangkit rabies akan menunjukkan perubahan sikap.

"Kalau kita lihat secara kasat mata, (mereka) menjadi beringas, takut air, takut keramaian," kata Fadjar saat menjadi narasumber dalam kegiatan temu media menyambut hari rabies sedunia, Kamis (23/08/2018), di kantor Kemenkes, Jakarta.

Kendati hewan menunjukkan perubahan sikap dan menjadi beringas, Fadjar menghimbau untuk tidak langsung mematikan mereka.

“Kadang kan kalau di beberapa daerah setelah digigit malah anjingnya yang dimatikan. Jangan begitu. Anjingnya bisa diidentifikasi apakah dia benar-benar mengandung rabies atau tidak,” ungkap Fadjar.

Halaman
123
Editor: Indry Panigoro
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved