ISS Melintas di Indonesia, Ini Cara Melihatnya dengan Mata Telanjang

Stasiun Luar Angkasa Internasional ( ISS) selalu mengorbit Bumi pada kecepatan sekitar 27.000 kilometer per jam atau delapan kilometer per detik.

ISS Melintas di Indonesia, Ini Cara Melihatnya dengan Mata Telanjang
NASA
International Space Station (ISS) 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Stasiun Luar Angkasa Internasional ( ISS) selalu mengorbit Bumi pada kecepatan sekitar 27.000 kilometer per jam atau delapan kilometer per detik.

Meskipun kecepatannya luar biasa, bukan berarti Anda tidak mungkin bisa melihat ISS.

Setiap 92 menit sekali, stasiun luar angkasa tersebut akan melewati kepala kita. Lalu, karena posisinya yang sekitar 386 kilometer di atas planet Bumi, ISS tidak terlihat seperti melakukan perjalanan ribuan kilometer per jam.

ISS sendiri merupakan objek ketiga paling terang di langit karena memantulkan kembali cahaya matahari ke Bumi.

Pada saat itulah, kita yang berada di Bumi bisa mengamati ISS dengan mata telanjang.

Permasalahannya mungkin bukan perkara mudah juga untuk menemukan kapan dan di mana mencari lokasi ISS di langit. Namun, masalah itu akhirnya sudah terjawab.

NASA meluncurkan situs yang dirancang khusus untuk membantu Anda yang ingin melihat stasiun tersebut.

Situs itu bernama "Spot the Station". Dari situs inilah, kita bisa melihat informasi lokasinya di seluruh dunia beserta waktu kemunculan ISS di wilayah kita.

Jadi, yang ingin melihat ISS dapat langsung mengunjungi situs tersebut serta mengetikkan lokasi dan tinggal cocokan saja kapan stasiun akan melintas di wilayah kita.

Situs Spot the Station membantu menemukan kapan dan di mana ISS akan terlihat dari Bumi
Situs Spot the Station membantu menemukan kapan dan di mana ISS akan terlihat dari Bumi ()

Di Jakarta sendiri, waktu terbaik untuk mengamati Stasiun Luar Angkasa adalah mulai dari Jumat (7/9/2018) hingga Sabtu (22/9/2018).

Sementara waktu terlama melihat ISS terjadi pada Senin (17/9/2018). Pada saat itu, stasiun akan terlihat hingga 6 menit lamanya.

Nah bagi yang beruntung untuk bisa melihat langsung, nantinya stasiun akan tampak seperti setitik cahaya layaknya pesawat yang sedang melintas di langit. Hanya saja, ia bergerak lebih cepat dibandingkan dengan pesawat.

Di beberapa daerah, ISS bisa terlihat hingga 6 menit. Namun di beberapa daerah lainnya, ia terkadang hanya lewat selama 1-2 menit saja.

Editor: Rine Araro
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help