Dinsos Terus Lakukan Razia Gepeng di Pusat Kota

Pemkot melalui Dinsos Manado terus berupaya menangani masalah gelandangan dan pengemis yang berkeliaran di pusat kota.

Dinsos Terus Lakukan Razia Gepeng di Pusat Kota
ist

Laporan Wartawan Tribun Manado Finneke Wolajan

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Pemerintah Kota Manado terus berupaya menangani masalah gelandangan dan pengemis yang berkeliaran di pusat kota. Dinas Sosial terus melakukan razia terhadap mereka.

Kepala Dinas Sosial, Sammy Kaawoan beberapa kali memimpin langsung razia gepeng Pasar 45 dan sekitarnya. Terakhir razia berlangsung pada Senin (10/9). Para gepeng ini tidur di emperan toko, yang telah mereka alas dengan kardus.

Menurut Sammy, razia gepeng ini akan terus mereka lakukan hingga Manado tertib. Tapi ia mengakui, permasalahan ini memang rumit dan itu juga terjadi di semua kota berkembang di Indonesia bahkan dunia.

"Tapi yang pasti kami terus berupaya menertibkan mereka yang mengganggu wajah Kota Manado. Setelah kami razia, mereka kami bina. Selanjutnya pulangkan ke tempat mereka," ujarnya.

Asisten I Pemkot Manado, Micler Lakat mengatakan Pemerintah Kota Manado mulai mendiskusikan draf rancangan peraturan daerah soal ketertiban umum.

Dalam draf tersebut menyebutkan poin-poin yang menjadi pokok dari ranperda ini semisal penggunaan trotoar, parkir liar.

Selanjutnya corat-coret fasilitas umum, buah sampah, pedagang kaki lima liar, masyarakat yang ikut miras, anak-anak yang ngelem ehabond, bangunan liar dan lainnya.

"Dalam ranperda ini juga menyinggung soal gepeng. Karena keberadaan mereka mengganggu ketertiban umum. Semua hal yang mengganggu, akan diperdakan untuk mendapat sanski sesuai aturan," ujarnya. (fin)

Penulis: Finneke_Wolajan
Editor: Indry Panigoro
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved