Bersyukur Bisa Buat Kita Lebih Sehat

Banyak studi menunjukkan bahwa bersyukur akan membuat kita menerima diri sendiri dan apa yang kita miliki.

Bersyukur Bisa Buat Kita Lebih Sehat
net
Ilustrasi

TRIBUNMANADO.CO.ID - Percaya atau tidak, ketika kita stres, semua keistimewaan yang kita miliki seolah tak ada artinya, termasuk anugerah berupa "kehidupan" yang kita masih miliki.

Itu hanya satu dari sekian banyak hal yang bisa kita syukuri dalam kehidupan, daftarnya masih sangat panjang jika mau ditambahkan.

Faktanya, bersyukur memang bisa mengubah pandangan kita secara luas.

Director of Center for Functional Medicine, Maek Hyman, MD melalui laman Cleveland Clinic, menyampaikan, banyak studi menunjukkan bahwa bersyukur akan membuat kita menerima diri sendiri dan apa yang kita miliki.

Tak hanya itu, bersyukur bisa meningkatkan kualitas hidup kita dengan mengurangi depresi dan kecemasan, menurunkan risiko penyakit, serta memenuhi otak dengan serotonin, hormon yang membuat kita merasa bahagia.

Di tengah hidup yang penuh halangan ini, mempraktikkan rasa syukur bisa membantu mengolah rasa ketenangan dan kebahagiaan.

Bagaimana caranya?

1. Catat lewat buku harian

Kamu boleh mencatatnya lewat buku harian fisik, aplikasi atau medium apa pun yang paling cocok. Tuliskan apa saja hal-hal baik yang terjadi di hidupmu pada pagi hari dan sebelum tidur.

Kebiasaan ini mungkin sepele, tapi manfaatnya bukan hanya akan membuatmu merasa tenang, tapi juga membuat tidur lebih nyenyak.

Halaman
123
Editor: Indry Panigoro
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help