Waspada Gelombang Tinggi di Perairan Bitung

BMKG Statiun Metereologi Kelas II Maritim Bitung memberikan peringatan dini adanya peluang gelombang tinggi, Senin (10/09/2018) perairan Bitung.

Waspada Gelombang Tinggi di Perairan Bitung
TRIBUN MANADO/CHINTYA RANTUNG
Ricky Aror 

TRIBUNMANADO.CO.ID, BITUNG - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Statiun Metereologi Kelas II Maritim Bitung memberikan peringatan dini adanya peluang gelombang tinggi, Senin (10/09/2018) perairan Bitung, Sulawesi Utara.

"Gelombang tinggi 1,25 - 2,5 meter (m). Peluang tersebut diperkirakan terjadi mulai 11-13 September mendatang," kata Ricky Aror, kepala seksi observasi dan informasi BMKG Statiun Metereologi Kelas II Maritim Bitung kepada Tribunmanado.co.id, Senin (10/09/2018).

Dijelaskannya, harus diperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran.

"Yaitu untuk perahu nelayan kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 m. Untuk kapal tongkang kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 m," terang dia.

Kapal Ferry kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 m.

"Sedangkan untuk kapal uluran besar seperti kapal kargo atau pesiar kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4,0 m," kata dia.

Dia berharap informasi ini diperhatikan bagi masyarakat Kota Bitung yang melakukan aktivitas di daerah perairan dengan menggunakan kapal-kapal.(Tribunmanado.co.id/Chintya Rantung)

Penulis: Chintya Rantung
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help