News Analysis

Sikap 2 Kaki Demokrat, Gini Pendapat Pengamat Stevanus Sampe

Kalau menurut saya, sikap dua kaki dari PD dalam pilres nanti memperlihatkan bahwa partai ini tidak memiliki platform dan agenda yang jelas.

Sikap 2 Kaki Demokrat, Gini Pendapat Pengamat Stevanus Sampe
ISTIMEWA
Stevanus Sampe 

News Analysis oleh:
Stevanus Sampe Ph D

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kalau menurut saya, sikap dua kaki dari Partai Demokrat (PD) dalam pilres nanti memperlihatkan bahwa partai ini tidak memiliki platform dan agenda yang jelas.

Dari awal sebelum pencalonan, ketumnya sudah menyatakan akan netral tetapi kemudian terlibat dalam tawar menawar capres/cawapres dengan mencoba menawarkan AHY pada kedua kubu yang pada akhirnya tawaran calon kontestan pilpres tidak diakomodir oleh kedua kubu tersebut.

Ini memperlihatkan bahwa partai ini lemah posisi tawarnya dan dipandang oleh kedua kubu tidak ada apa-apanya.

Tidak punya pengaruh untuk mengumpulkan suara.

Dengan tidak adanya platform yang jelas mengakibatkan partai ini tidak konsisten dengan perjuangan politik mereka.

Awalnya bersikap netral tapi kemudian hal ini hanya sebagai alat untuk tawar menawar posisi yang akhirnya tidak dianggap.

Ketidakjelasan agenda dan platform partai ini juga mengakibatkan banyak kadernya mengambil inisiatif untuk menentukan pilihan mereka sendiri.

Ketua DPD Partai Demokrat Papua, Lukas Enembe, Wakil Ketua Majelis Pertimbangan Daerah PD Jabar, Deddy Mizwar dan beberapa kader PD lain di daerah telah menyatakan sikap politik mereka.

Bukan tidak mungkin mereka akan meninggalkan partai ini di kemudian hari.

Dispensasi khusus yang diberikan oleh Ketum PD kepada kadernya untuk memilih sesuai keinginan mereka sebenarnya sudah terlambat karena kadernya terlebih dahulu menentukan sikap politik mereka.

Walaupun demikian, sikap ini menjadi yang paling mungkin diambil oleh PD untuk memperoleh kembali pengaruhnya dan dan mencegah kader-kadernya berpindah ke partai.

Partai lain dengan membiarkan mereka memilih capres/cawapres sesuai pilihan mereka.(Tribunmanado.co.id/David Manewus)

Penulis: David_Manewus
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved