Petugas Pengamatan Gunung Api Karangetang Sebut Rekomendasi Masih Berlaku

Meskipun kondisi Gunung Api Karangetang Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, dalam status Level II (Waspada), namun ada saja yang melanggar.

Petugas Pengamatan Gunung Api Karangetang Sebut Rekomendasi Masih Berlaku
TRIBUN MANADO/JHONLY KALETUANG
Gunung Api Karangetang, Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, SIAU - Meskipun kondisi Gunung Api Karangetang Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, dalam status Level II (Waspada), namun ada saja yang melanggar.

Sejumlah warga dan turis tetap melakukan pendakian seputar badan gunung dan tidak pernah sepih dari aktivitas tersebut.

Olehnya petugas pengamatan gunung Api Karangetang Siau menyampaikan, rekomendasi yang mereka berikan masih berlaku bagi warga dan pendaki.

"Masyarakat di sekitar Gunung Karangetang dan pengunjung, wisatawan tidak diperbolehkan mendaki dan beraktivitas pada radius 1,5 km dari kawah aktif dan perluasan ke sektor Selatan, Tenggara, Barat dan Baratdaya sejauh 2,5 km," tegas Didi Wahyudi, petugas pengamatan gunung, Senin (10/09/2018).

Lanjut dia, kenapa sampai rekomendasi masih berlaku, karena mengantisipasi guguran lava dan awan panas guguran yang dapat terjadi sewaktu-waktu dari material hasil erupsi 2015 karena kondisinya belum stabil dan mudah runtuh, terutama ke sektor Selatan, Tenggara, Barat dan Baratdaya.

"Bahkan warga yang beraktivitas di Kali Batuawang kita rekomendasikan untuk waspada," akhirnya. (Tribunmanado.co.id/Jhonly Kaletuang)

Penulis: Jhonly Kaletuang
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help