Peraturan Tatib DPRD Bolsel Dilirik Daerah Lain

Beberapa peraturan di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolsel dilirik daerah lain untuk diterapkan di daerahnya.

Peraturan Tatib DPRD Bolsel Dilirik Daerah Lain
TRIBUNMANADO/FELIX TENDEKEN
Kunjungan Sekwan Minsel ke Bolsel 

Laporan Wartawan Tribun Manado, Felix Tendeken

TRIBUNMANADO.CO.ID, MOLIBAGU - Beberapa peraturan di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) dilirik daerah lain untuk diterapkan di daerahnya.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Kepala Bagian (Kabag) Risalah, Sujito Laiya, bahwa ada beberapa daerah yang mengunjungi Bolsel untuk studi banding (Stuban).

"Belum lama ini kami menerima kunjungan Stuban Sekretariat Dewan (Setwan) Minahasa Utara (Minut) agendanya tentang tata tertib (tatib) DPRD Bolsel yang terbaru," ujar Sujito, Senin (10/9) di ruang kerjannya.

Sama halnya dilakukan oleh Setwan Minahasa Selatan (Minsel) yang berkunjung di kantor para penyuara rakyat dengan agenda yang sama.

"Mereka juga stuban ke sini terkait Tatib DPRD yang sudah disesuaikan dengan PP 12 Tahun 2018," jelas Sujito.

Dijelaskan Setwan Minsel memilih stuban ke DPRD Bolsel karena mereka dapat informasi dari Biro Hukum Pemerintah Provinsi (Pemprov) bahwa baru DPRD Bolsel yang sudah menyusun Tatib tersebut dan tahapannya sudah fasilitasi di Biro Hukum.

"Mengenai tatib DPRD Bolsel sudah hampir final. Sekarang tinggal dikoreksi oleh Bapem Perda (DPRD Bolsel), setelah itu ditetapkan lewat paripurna tahap II," terang Sujito.

Selain soal tatib, lanjut Kabag Risalah Setwan Minsel juga menanyakan soal mekanisme pergantian atau pengisian kursi Wakil Bupati (wabup).

"Mereka juga menanyakan soal pengisian wabup. Soalnya Bolsel sudah pernah melakukan ini, waktu itu dipilih oleh DPRD," terang Sujito.

Penulis: Felix Tendeken
Editor: Siti Nurjanah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help