Inilah Jadwal dan Metode Kampanye Pemilu 2019, Bahan Kampanye Harus Bisa Didaur Ulang

Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sulawesi Utara mengumpulkan para peserta Pemilu 2019 di sebuah ruangan rapat

Inilah Jadwal dan Metode Kampanye Pemilu 2019, Bahan Kampanye Harus Bisa Didaur Ulang
Tribun manado / Christian Wayongkere
Komisi pemilihan umum Provinsi Sulawesi Utara mengumpulkan para peserta Pemilu 2019 di sebuah ruangan rapat, Swissbel Hotel Manado, Senin (10/9/2018). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sulawesi Utara mengumpulkan para peserta Pemilu 2019 di sebuah ruangan rapat, Swissbel Hotel Manado, Senin (10/9/2018).

Peserta pemilu para calon anggota DPD, tim penghubungan dan partai politik peserta pemilu 2019, melaksanakan bimbingan teknis (Bimtek) pelaporan dana kampanye kepada partai politik dan bakal calon anggota DPD peserta pemilihan umum tahun 2019 Daerah Porivinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Yang dilaporkan pemasukan dan pengeluarannya," kata Meidy Tinangon, anggota KPU Sulut divisi di sela coffee break.

Sementara itu, Salman Saelangi anggota KPU Sulut membawa materi tentang kampanye seperti tertuang dalam Peraturan KPU (PKPU), menyebut untuk materi kampanye harus sopan, tertib, mendidik, bijak dan beradap serta tidak provokatif.

Baca: KPU Sulut Bimbing Parpol dan Anggota DPD soal Dana Kampanye

"Materi yang tidak sesuai dengan itu apalagi bersifat provokatif jelas dalam ketentuan dilarang," kata Salman.

Jika dalam pelaksanaan kampanye muncul materi-materi diluar ketentuan, KPU Sulut mengkhawatirkan akan terjadi gesekan dan konflik antar-peserta pemilu satu dengan lainnya.

Dijelaskannya ada sembilan item metode kampanye yang harus diperhatikan kontestan Pemilu 2019, akan dimulai pada 23 September 2018 hingga sehari sebelum pemilu 19 April 2019 (lihat grafis).

Dalam menentukan lokasi kampanye rapat umum KPU Sulut akan berkoordinasi dengan kesbangpol, satpol pp, bawaslu dan TNI Polri agar tidak ada benturan dan gesekan.

Untuk materi APK, iklan media cetak, elektronik dan media dalam jaringan KPU akan memfasilitas peserta pemilu untuk pembuatan materi.

Baca: Menyusul Papua, Demokrat Sulut Siap Menangkan Jokowi-Maruf Amin, Lumentut: Keputusan 15 DPC

"Dilarang melakukan kampanye sebelum dimulai masa kampanye mulai 23 September 2018," tambahnya.

Halaman
123
Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: David_Kusuma
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help