Heboh Hari Ini Jack Ma Pensiun, Alibaba Luruskan Kabar yang Beredar

Benarkah Ma memang ingin undur diri dari raksasa e-commerce asal China tersebut?

Heboh Hari Ini Jack Ma Pensiun, Alibaba Luruskan Kabar yang Beredar
Thrive Global
Jack Ma 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Akhir pekan ini beredar kabar mengejutkan bahwa pendiri sekaligus CEO Alibaba, Jack Ma, berencana pensiun mulai hari ini Senin (10/09), bertepatan dengan ulang tahun Ma ke-54. 

Namun, benarkah Ma memang ingin undur diri dari raksasa e-commerce asal China tersebut?

Seorang juru bicara Alibaba memberikan klarifikasi dan mengatakan bahwa laporan yang pertama dirilis The New York Times tak sepenuhnya benar. 

Alih-alih langsung pensiun, pada ulang tahunnya tanggal 10 September, Ma bakal mengumumkan rencana suksesi di perusahaan.

Strategi suksesi tersebut merupakan bagian dari rencana manajemen sepanjang 10 tahun memupuk eksekutif-eksekutif muda untuk melanjutkan kepemimpinan Alibaba.

Baca: Jack Ma Umumkan Pensiun dari Alibaba

Menurut sang juru bicara, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari South China Morning Post, Minggu (9/9/2018), dalam masa transisi itu, Ma akan tetap menjabat sebagai pucuk pimpinan di Alibaba sekaligus merumuskan perencanaan. 

Sebelumnya, Ma memang pernah mengungkapkan rencana untuk mengalihkan kemudi Alibaba ke para eksekutif muda di perusahaan.

“Saya bangga dengan Alibaba yang kini memiliki struktur, budaya perusahaan, pengaturan, dan sistem memupuk talenta yang memungkinkan saya untuk mundur tanpa menyebabkan disrupsi,” kata Ma dalam sebuah wawancara. 

Baca: Berencana Pensiun Dini dari Alibaba, Ini yang Akan Dilakukan Jack Ma Selanjutnya

Ma sendiri adalah salah satu orang terkaya di dunia dengan jumlah harta mencapai kisaran 40 miliar dollar AS, menurut Bloomberg Billionaire Index. Perusahaan Alibaba yang didirkannya memulai bisnis dengan modal 60.000 dollar AS, dan kini telah bernilai 420 milliar dollar AS. 

Kendati demikian, Alibaba adalah salah satu dari hanya sedikit perusahaan di Asia yang memisahkan struktur korporat dan operasional hariannya dari sang pendiri. Ma pun agaknya tak segan memercayakan “anaknya” itu ke nakhoda baru.

“Semua orang yang mengenal saya akan tahu bahwa saya orang yang menyongsong masa depan. Ini bukan soal pensiun, mundur, atau kabur. Ini adalah rencana sistematik,” ujar Ma. 

Apa yang akan dilakukan Ma setelah benar-benar pensiun nanti? Dia mengungkapkan dari dulu berminat terhadap dunia pendidikan dan ingin menjadi guru. 

“Ini (mengajar) adalah sesuatu yang saya pikir bisa saya lakukan dengan jauh lebih baik ketimbang menjadi CEO Alibaba,” imbuhnya. 

Editor: Rine Araro
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help