Fortnite Tembus 15 Juta Unduhan di Android Tanpa Play Store

Saat terjun ke segmen Android, Epic Games selaku pengembang Fortnite memilih jalur independen untuk urusan distribusi.

Fortnite Tembus 15 Juta Unduhan di Android Tanpa Play Store
Android Central
Ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Saat terjun ke segmen Android, Epic Games selaku pengembang Fortnite memilih jalur independen untuk urusan distribusi. 

Epic merilis sendiri file APK secara legal dengan jaminan bebas malware atau virus.

Para gamer tetap tidak mengurungkan niatnya menginstal Fortnite di perangkat Android mereka meski tidak melewati toko aplikasi Google Play Store.

Epic Games mengumumkan jika unduhan Fortnite di Android telah mencapai 15 juta unduhan dengan 23 juta pemain hanya dalam waktu 21 hari setelah perilisan versi beta Android.

Jumlah ini lebih besar dibanding iOS yang "hanya" menembus 11 juta instalasi dalam bulan pertama perilisan dengan dua minggu pertama masih berupa versi "closed beta" atau sangat terbatas menurut data dari firma riset Sensor Tower.

Tiga bulan setelah perilisan, Fortnite di platform iOS mencapai 100 juta unduhan berdasarkan data dari firma riste Apptopia.

Dengan memilih jalur mandiri, otomatis keuntungan yang diperoleh Fortnite jauh lebih besar ketimbang menumpang di Google Play yang harus memotong pendapatan sebesar 30 persen. 

Epic Games juga sesumber berusaha menambal setiap potensi malware yang rawan menyerang Android.

"Sejauh ini, Epic telah memberangus 47 situs web ilegal "Fortnite for Android"," tulis Epic Games dalam blognya, sebagaimana dilaporkan Tech Crunch dan dirangkum KompasTekno, Minggu (9/9/2018).

Baca: Ini Daftar Perangkat Android yang Kebagian Game Fortnite

Pihaknya mengatakan masih terus memantau tautan-tautan ilegal bermasalah dan berusaha membatasi akses mereka dengan menggandeng mitra anti-penipuan.

Sejauh ini, Epic masih membatasi Fortnite di Android ke beberapa ponsel saja. Kebanyakan berasal dari ponsel keluaran dua tahun terakhir yang berarti rata-rata perangkat dijalankan dengan sistem Android Oreo.

Epic baru menambahkan lagi tiga vendor Android yang bisa digunakan untuk memainkan Fortnite. Ketiganya adalah Sony Xperia, HTC dan Motorola.

Editor: Rine Araro
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help