KPU Evaluasi Pelaksanaan Pilkada Mitra

KPU Mitra menggelar evaluasi dan pelaporan tahapan pemilihan bupati dan wakil bupati‎ Mitra tahun 2018.

KPU Evaluasi Pelaksanaan Pilkada Mitra
TRIBUNMANADO/CHRISTIAN WAYONGKERE
Pelaksanaan Evaluasi dan persiapan yang dilakukan KPU Mitra 

Laporan Wartawan Tribun Manado, Christian Wayongkere

TRIBUNMANADO.CO.ID, RATAHAN - Komisi pemilihan umum (KPU) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) menggelar evaluasi dan pelaporan tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati‎ Mitra tahun 2018.

Seperti diketahui keluar sebagai pemang pilkada Mitra 2018 calon petahana James Sumendap - Jesaja Jocke Legi, unggul juah atas 'rivalnya' kolom kosong (koko).

Menurut Aske Benu ketua KPU Mitra, pelaksanaan ini sesuai dengan peraturan komisi pemilihan umum (PKPU) nomor 2 tahun 2018 tentang perubahan atas peraturan KPU nomor 1 tahun 2017 tentang tahapan, program dan jadwal pemilihan gubernur dan waki gubernur, bupati, wakil bupati dan/atau walikota dan wakil walikota Tahun 2018.

Rapat ini melibatkan komisioner, staf, panwas kabupaten, insan pers, organisasi politik, penyelenggara pimilu dan pilkada ditingkat kecamatan dan tamu undangan lainnya.‎

"Sangat penting, dalam rangka evaluasi apa yang telah dilakukan sesuai dengan tahapan Pilkada kemarin. Ada banyak hal yang sudah dilakukan lewat rencana dan tahapan yang ada," jelas Aske Benu ketua KPU Mitra.

Apa yang telah dilaksanakan KPU terbantu dengan dukungan akademisi, disdukcapil, bawaslu, penyelenggara ditingkat kecamatan hingga insen pers. "Ujung tombak kami pada Pilkada 27 Juni kemarin ditangan penyelenggara di tingkat kecamatan hingga desa/kelurahan," tambahnya.

Aske mengakui meski hanya satu pasangan calon pada pilkada kemarin, ditemukan banyak hal-hal yang baru. Sehingga lewat evaluasi ini akan dilihat kelebihan dan kekurangan, untuk menjadi evaluasi pelaksanaan serupa apda periode yang akan datang tentunya dengan regulasi yang ada.

Kepala Sub Bagian (Kasubag) Program dan Data KPU MitraYuliana Handayani SKom menambahkan, pada rapat ini akan menghadirkan narasumber yang akan membawakan materi.

Terjadwal, materi akan dibawakan oleh David Lalandos kepala dinas kependudukan dan catatan sipil Mitra, Joubi Longkutoy ketua bawaslu kabupaten Mitra, AKBP FX Winardi Prabowo kapolres Minsel, DR Ferry Liando akademis Unsrat, anggota DKPP RI Alfitra Salam, ketua KPU Provinsi Sulut DR Ardiles Mewoh, Koordinator JPPR Sunanto, anggota KPU Sulut Yessy Momongan, anggota KPU Suut Salman Saelangi, Anggota KPU Sulut‎, anggota KPU Sulut Lanny Ointu dan anggota KPU Sulut Meydi Tinangon.

"Rapat ini akan berlangsung dua hari, disebuah hotel berbintang di Kota Manado," tandasnya.

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Siti Nurjanah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help