Google Bikin Mesin Pencari Data bagi Peneliti

Fitur ini akan menyokong Google Scholar, yang selama ini membantu banyak para akademisi dan peneliti.

Google Bikin Mesin Pencari Data bagi Peneliti
Google Dataset 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Para peneliti, jurnalis, akademisi dan siapa pun yang membutuhkan data untuk penelitian, kini akan semakin mudah menelusuri data di dunia maya.

Hal itu lantaran  Google baru saja meluncurkan fitur baru yang khusus dibuat untuk tujuan di atas.

Fitur baru itu bernama "Dataset Research" yang bisa dicoba di tautan berikut ini.

Fitur ini akan menyokong Google Scholar, yang selama ini membantu banyak para akademisi dan peneliti untuk menyelesaikan penelitian mereka.

Serupa dengan Google Scholar, Dataset Research akan menampilkan dimana saja data disimpan, apakah di situs publikasi tertentu, perpustakaan digital, atau bahkan laman web pribadi seseorang.

Bagi peneliti yang akan mempublikasi data online mereka, baik dari universitas dan pemerintahan, harus menyertakan metadata di sebuah laman situs.

Metadata tersebut menerangkan informasi tentang siapa yang membuat penelitian, kapan dipublikasikan, bagaimana pengumpulan datanya, dan sebagainya.

Lantas, informasi tersebut akan diindeks oleh mesin pencarian Google dan digabungkan dengan informasi dari gudang data Google, Knowledge Graph.

Jadi, misalnya kumpulan data (dataset) suatu penelitian dipublikasikan oleh suatu institusi, informasi tentang institusi tersebut akan muncul juga di pencarian.

Penampilan hasil penelusuran Dataset Research(The Verge)
Penampilan hasil penelusuran Dataset Research(The Verge) ()

Perwakilan Google, Natasha Noy yang juga membantu riset di Google AI mengatakan bahwa Dataset Research membantu puluhan ribu data dari banyak repositori, bertumpu di satu tempat secara kolektif.

Halaman
12
Editor: Rine Araro
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help