Apple Siapkan Aplikasi buat Penegak Hukum Akses Data Pengguna

Apple berencana membuat aplikasi online bagi penegak hukum untuk meminta data terkait pengguna produknya.

Apple Siapkan Aplikasi buat Penegak Hukum Akses Data Pengguna
MacRumors.com
Ilustrasi MacBook, iPhone, dan iPad. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Apple berencana membuat aplikasi online bagi penegak hukum untuk meminta data terkait pengguna produknya.

Perusahaan ini juga bakal membentuk tim yang melatih para polisi tentang data yang dapat dan tidak dapat diperoleh dari pembuat iPhone.

Reuters mengklaim informasi itu berdasarkan sebuah surat dari Apple tertanggal 4 September 2018 yang ditujukan kepada senator Demokrat asal Rhode Island, Sheldon Whitehouse. Namun, saat dikonfirmasi, Apple menolak berkomentar lebih lanjut di luar isi surat itu.

Apple dapat dan memang menyediakan sejumlah data pengguna, seperti data yang disimpan di layanan online iCloud, kepada penegak hukum yang memiliki surat permintaan yang valid secara hukum. 

Sebaliknya, perusahaan itu sudah berkali-kali berdebat dengan penegak hukum karena enkripsi pada peranti-peranti buatannya yang tidak dapat diakses bahkan oleh Apple, sekalipun diminta untuk melakukannya.

Menurut Apple, surat tersebut merupakan respons mereka setelah menerima 14.000 permintaan dari penegak hukum sepanjang 2017.

Di antara permintaan itu, tercakup 231 permintaan darurat yang ditanggapi dalam 20 menit tak peduli itu siang atau malam. 

Sebelumnya, Apple menangani permintaan-permintaan semacam itu lewat e-mail.

Berdasarkan surat yang dilihat Reuters, Apple akan menyediakan aplikasi online yang memungkinkan penegak hukum membuat dan memantau permintaan terkait data penggunanya.

Merujuk surat yang sama, Apple mengklaim telah melatih sekitar 1.000 petugas hukum untuk mendapatkan data dari perusahaan itu.

Halaman
12
Tags
Apple
data
Editor: Rine Araro
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help