Terkait Bimtek Sipades, Ini Penjelasan Sekda Bolsel

Sekda Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Marzansius Arvan Ohy, mengakui, bahwa pelaksanaan Bimbingan Teknis Bimtek

Terkait Bimtek Sipades, Ini Penjelasan Sekda Bolsel
Pelaksanaan Bimtek Sipades 

Laporan Wartawan Tribun Manado, Felix Tendeken

TRIBUNMANADO.CO.ID - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Marzansius Arvan Ohy, mengakui, bahwa pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Informasi Pengelolaan Aset Desa (SIPADES) di Hotel Sutan Raja Minahasa Utara (Minut) sesuai dengan Undang-Undang (UU) Nomor 6/2014.

"Jadi pada pasal 115, disampaikan bahwa pembinaan dan pengawasan dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab)," jelas Sekda, Kamis (6/9/2018)

Baca: Pemkab Bolsel Gelar Bimtek Sipades Bagi Sangadi dan Perangkat Desa

Kata dia, satu diantarannya tentang penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan bagi pemerintah desa dalam hal ini sangadi dan perangkat desa.

"Makanya sangat penting untuk diikuti karena akan meningkatkan kualitas serta kapabilitas aparatur desa dalam pengelolaan aset," kata Sekda.

Marzansius Arvan Ohy
Marzansius Arvan Ohy (FELIX TENDEKEN)

Kata dia, kehadiran Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) mulai tahun 2015, sudah banyak aset desa yang dibeli menggunakan anggaran ini.

Baca: Ini Komentar Kepala Kemenag Bolsel Mengenai Kondisi Jemaah Haji Bolsel

Untuk itu dalam melaksanakan ketentuan peraturan Mendagri RI Nomor 1 Tahun 2016 tentang pengelolaan aset desa pasal 28 ayat 2, Direktorat Jenderal Bina Pemerintah Desa menyusun pedoman umum kodefikasi aset desa.

"Jadi semua ini dibuat dan disusun dengan harapan dapat terciptanya pengelolaan aset yang baik," jelasnya.

Sehingga kata dia, kodefikasi aset yang diberikan Dirjen Bima Pemerintahan Desa, menjadi acuan bagi pemerintah desa dalam penatausahaan aset yang baku.

"Sehingga, bisa seragam dan terpadu serta tertib administrasi," tandas Sekda.

Baca: Jemaah Haji Bolsel Jalankan Sunah Haji

Penulis: Felix Tendeken
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved