Rupiah Menguat Manfaatkan Kelemahan Dolar

Rupiah tertolong oleh terkoreksinya indeks dolar. Sebagai info, saat ini indeks dolar melemah 0,22 persen ke level 94,97

Rupiah Menguat Manfaatkan Kelemahan Dolar
Kontan
Rupiah dan Dollar AS

TRIBUNMANADO.CO.ID. Kurs rupiah terhadap dol ar Amerika Serikat (AS) mengalami penguatan di awal perdagangan Kamis (6/9). Mengutip Bloomberg pukul 10.10 WIB ATAU 11.11 WITA, rupiah menguat 0,32 persen ke level Rp 14.890 per dolar AS.

Analis Monex Investindo Futures Putu Agus Pransuamitra mengatakan, rupiah tertolong oleh terkoreksinya indeks dolar. Sebagai info, saat ini indeks dolar melemah 0,22 persen ke level 94,97.

Hal tersebut disebabkan mulai rebound-nya sejumlah mata uang utama global. Salah satunya adalah poundsterling yang menguat cukup signifikan terhadap dollar AS setelah potensi tercapainya kesepakatan Brexit kian membesar. “Jerman mulai bersikap melunak dan mendukung Inggris untuk menyelesaikan negosiasinya,” ujar Putu.

Penguatan poundsterling diikuti pula oleh penguatan mata uang utama dunia lainnya. Rupiah pun ikut merasakan dampak positif dari pelemahan indeks dolar AS.

Menurut Putu, masih ada peluang indeks dollar untuk mengalami pelemahan mengingat para investor masih wait and see jelang pengumuman data ADP non-farm payroll hari ini. Maka dari itu, ia memperkirakan rupiah bisa melanjutkan penguatannya hingga penutupan nanti di kisaran Rp 14.820—Rp 14.900 per dolar AS.

Selain pelemahan dollar, rencana pemerintah untuk memagari rupiah menjadi sentimen positif meski dampaknya masih perlu dilihat lagi. Hal ini tampak pada pergerakan mata uang Asia. Rupee hari ini masih melemah terhadap dolar AS. Pelemahan mata uang India ini mencapai lebih dari 11 persen sejak awal tahun. Sementara rupiah'>pelemahan rupiah berkurang tipis menjadi 8,99% pada periode yang sama.(Kontan)

Editor: Herviansyah
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved