Rupiah Melemah Atas Dolar, Harga Roda Empat di Manado Masih Normal

Sektor otomotif di Sulut khususnya Manado, belum begitu signifikan terpengaruh dengan melemahnya nilai tukar rupiah terhadap USD.

Rupiah Melemah Atas Dolar, Harga Roda Empat di Manado Masih Normal

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Sektor otomotif di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) khususnya Kota Manado, belum begitu signifikan terpengaruh dengan melemahnya nilai tukar rupiah terhadap USD.

Penjualan unit kendaraan roda empat saat ini harganya masih normal, tidak naik atau tidak turun.

"Untuk penjualan kendaraan baru, harganya tidak naik hanya saja penjualannya nanti akan berkurang karena kondisi ekonomi yang kurang bagus sehingga daya beli masyarakat turun," jelas Roy Adung kepala cabang Mitsubishi Motor PT Bosowa Berlian Motor Manado, Kamis (06/09/2018).

Dia menjelaskan harga kendaraan akan naik jika terjadi force majeure.

Harga penjualan otomotif sudah ada penetapan dan hitung-hitungannya, kecuali kurs rupiah terhadap dolar anjlok baru harga penjualan naik.

"Semua produksi kendaraan Mitsubisi disini produksi lokal dengan sperpart yang berasal dari Indonesia sebagian besar. Ada beberapa jenis seperti truk Fuso yang sperpartnya dari luar tapi tidak banyak pembelian, karena pembelian saat ini yang banyak jenis Expander dan Pajero," tandasnya.

Inri Ratag chief sales Honda Martadinata 2 Manado, menambahkan untuk penjualan mobil Honda harganya masih stabil bahkan daya beli masyarakat masih tinggi meski sedang ada gejolak kurs rupaih terhadap USD.

"Tapi tidak menutup kemungkinan akan naik, karena barang-barang atau komponen kendaraan masih ada yang di impor. Seperti suku cadang, produksi unit kendaraan sperpartnya dan material dari luar," kata Inri.

Meski nilai tukar rupiah terhadap USD melemah, harga jual kendaraan karena mengikuti harga dari pabrik kalau dari pabrik naik pasti daerah akan mengikuti.

Saat ini para pelaku otomotif tidak memperlihatkan perang harga besar-besaran untuk menghadapi terpuruknya rupiah terhadap USD.

"Malah melakukan 'perang' diskon. Seper cash back, lucky draw dan bunga 0 persen khusus pada hari Sabtu nanti," tandasnya. 

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Indry Panigoro
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved