Berita Internasional

Ini Alasan Duterte Pilih Hanya Beli Senjata dari Israel

Rodrigo Duterte, Presiden Filipina mengatakan negaranya hanya akan membeli persenjataan dari Israel.

Ini Alasan Duterte Pilih Hanya Beli Senjata dari Israel
Handout / PPD / AFP
Presiden Filipina, Rodrigo Duterte. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Rodrigo Duterte, Presiden Filipina  mengatakan negaranya hanya akan membeli persenjataan dari Israel.

Pernyataan tersebut dia sampaikan ketika bertemu Presiden Reuven Rivlin, sebagaimana diwartakan Times of Israel Selasa (4/9/2018).

Dalam pernyataan berbahasa Ibrani, Duterte memuji Israel karena telah membantu Filipina memenangkan perang melawan terorisme.

Baca: Hasil Survei LSI: Pengguna Media Sosial Lebih Kritis ke Jokowi

"Saya telah memerintahkan militer agar dalam pengadaan peralatan terutama di sektor pengumpulan intelijen, kami hanya akan membelinya dari Israel," kata Duterte.

Inquirer melaporkan, selama ini Filipina membeli senjata maupun perangkat keras dari Amerika Serikat ( AS).

Presiden yang akrab disapa Digong itu menuturkan, dia menganggap AS sebagai teman baik. Namun, ketika membeli senjata, larangannya banyak.

"Begitu juga dengan China maupun Jerman. Anda harus pastikan bahwa mereka memahami Anda," ujar mantan Wali Kota Davao tersebut.

Baca: Kisah Hidup Pengarang The Lord of the Rings

Berbeda dengan Israel, Duterte menyebut dia tidak melihat alasan Tel Aviv bakal mengawasi Filipina ketika membeli senjata mereka.

Filipina dan Israel, kata Duterte, tidak terikat dengan kondisi geopolitik yang ada, dan berjuang di jalan yang mereka anggap benar.

Lebih lanjut, Duterte merinci kebutuhan dari Israel dan Filipina untuk memperkuat kerja sama di bidang kontra-terorisme.

Dia mencontohkan insiden pengeboman yang terjadi di Mindanao. "Saya kira melalui kejadian itu kami harus membeli ataupun meminjam peralatan militer," tukas dia

Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved