Mendagri Galau Jelang Pelantikan Kepala Daerah

Presiden Joko Widodo akan melantik sembilan gubernur terpilih lebih cepat yakni pada Rabu(5/9) di Istana Negara.

Mendagri Galau Jelang Pelantikan Kepala Daerah
Istimewa
Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Presiden Joko Widodo akan melantik sembilan gubernur terpilih lebih cepat yakni pada Rabu(5/9) di Istana Negara.

Mereka yang dilantik adalah Nurdin Abdullah-Sudirman Sulaiman (Sulsel), Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah (Sumut), Ali Mazi-Lukman Abunawas (Sultra), Ganjar Pranowo-Taj Yasin Maimoen (Jateng), I Wayan Koster-Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Bali), Sutarmidji dan Ria Norsan (Kalbar), Viktor Bungtilu Laiskodat-Josef Nae Soi (NTT), Lukas Enembe dan Klemen Tinal (Papua) serta Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (Jabar).

"Ridwan Kamil masuk (dilantik besok). Jadi 9 pasang," kata Dirjen Otda Kemendagri, Sumarsono.

Mereka bisa dilantik karena tidak ada gugatan hasil pilkada 2018 lalu. Untuk pelantikan tahap II akan digelar antara 17 September sampai 27 September 2018. "Tahap kedua II seperti NTB, Kaltim, Sumsel," ujar Sumarsono.

Sumarsono juga menjelaskan khusus untuk pelantikan Ridwan Kamil dan UU Ruzhanul Ulum. Kata dia semestinya pelantikan Ridwan Kamil akan dilakukan pada 27 September 2018 mendatang berdasarkan permintaan pemerintahan Jawa Barat.
Namun lanjut Sumarsono, permintaan itu tidak dikabulkan.

"Tidak disetujui dan tetap tanggal 5 September agar bisa segera bekerja sebagai gubernur pilihan rakyat," kata Sumarsono.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa mengatakan baru mendapat surat dari Kementerian Dalam Negeri mengenai kepastian waktu pelantikan tersebut pada Selasa (4/9) siang.

Jokowi Ungkap Alasannya Gemar Pakai Sneakers saat Blusukan
Jokowi Ungkap Alasannya Gemar Pakai Sneakers saat Blusukan (YOUTUBE)

Sebelumnya, pelantikan simpang siur dikabarkan akan dilakukan pada 5, 17, bahkan 27 September 2019.

"Info terakhir, barusan Pak Gubernur Terpilih mendapat telepon langsung dari Mensesneg, bahwa Pak Gubernur Terpilih dan Wakil Gubernur Terpilih, Mochamad Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum, insyaallah info tetakhir, dilantik tanggal 5 September 2018 di Istana Negara," kata Iwa.

Iwa mengatakan pihaknya langsung melakukan persiapan pelantikan, diantaranya mempersiapkan 20 undangan untuk Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Jabar dan persiapan pisah sambut yang akan digelar di Gedung Sate pada sore harinya. "Diusulkan digelar rapat paripurna di DPRD Jabar di hari yang sama.

Halaman
12
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help