Tahun Baru Islam

Amalan yang Sayang Dilewatkan Pada Malam Satu Suro Bertepatan dengan 1 Muharram Tahun Baru Islam

Malam 1 Suro yang banyak diperingati oleh masyarakat Jawa jatuh pada Selasa, 11 September 2018 mendatang.

Amalan yang Sayang Dilewatkan Pada Malam Satu Suro Bertepatan dengan 1 Muharram Tahun Baru Islam
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Warga Cipinang Muara 3 Jakarta Timur mengikuti pawai obor serta membawa berbagai pernak-pernik, Sabtu (1/10/2016). Pawai obor tersebut dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1438 H yang jatuh pada 2 Oktober 2016. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Malam 1 Suro yang banyak diperingati oleh masyarakat Jawa jatuh pada Selasa, 11 September 2018 mendatang.

Dalam kalender Islam, 1 Suro juga bertepatan dengan 1 Muharram, tahun baru Islam.

Bulan Muharram sendiri merupakan bulan yang amat dimuliakan dalam Islam.

Berbagai amalan yang memiliki banyak kemuliaan bisa dilakukan umat muslim pada tanggal 1 Muharram.

Apa saja amalan yang dilakukan pada tanggal 1 Muharram, berikut ulasannya:

Baca: Leeteuk Super Junior Dikritik Netizen Saat Unggah Foto Closing Ceremony Asian Games 2018

1. Berpuasa

Di dalam riwayat Rayyan bin Syabib, Imam Ali Ridha as mengatakan, “Sesiapa berpuasa pada hari ini dan berdoa kepada Allah, maka dia akan mendapati doanya seperti diterimanya doa Nabi Zakariya as.”

Anjuran berpuasa dan juga berdoa pada tanggal 1 Muharram ini sangat disarankan supaya doa dan puasa yang dijalankan tersebut akan diterima seperti doa Nabi Zakaria as yang diterima oleh Allah SWT.

2. Shalat dua rakaat dan berdoa

Dinukil dari Imam Ali Ridha as jika Rasulullah SAW pada hari pertama bulan Muharram melaksanakan shalat dua rakaat dan juga membacakan doa.

Ya Allah, Tuhan Yang Mahakadim, inilah tahun baru, aku memohon suaka-Mu dari kejahatan setan, kekuatan untuk menahan hawa nafsu yang menyeretku kepada kejelekan, sibuk dengan aktivitas yang mendekatkan diriku kepada-Mu. Wahai Zat Yang Maha Pemurah dan Pemilik kemuliaan. Wahai Sandaran orang yang tidak memiliki sandaran. Wahai Simpanan orang yang tidak memiliki simpanan, wahai Pelindung orang yang tidak memiliki perlindungan. Wahai Penolong orang yang tidak memiliki penolong, wahai Pegangan orang yang tidak memiliki pegangan. Wahai Permata orang yang tidak memiliki permata. Wahai Zat yang baik ujiannya. Wahai Zat yang besar harapannya. Wahai Zat Pemulia orang-orang lemah. Wahai Penyelamat orang yang tenggelam. Wahai Penyelamat orang-orang yang celaka. Wahai Pemberi karunia. Wahai Zat Yang Mahaindah, Pemurah dan Baik. Engkau adalah Zat yang memunculkan gelapnya malam, gemerlapnya siang, cahaya bulan, sinar matahari, suara air dan suara pohon yang bersujud kepadamu. Ya Allah tiada sekutu bagimu!

Baca: Doa Menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 H, Selasa 11 September 2018

Halaman
1234
Editor: Siti Nurjanah
Sumber: TribunStyle.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved