AS-Meksiko Sepakati Kerja Sama Dagang, Kanada Tertekan: Kurangi Mobil Asia

Presiden AS Donald Trump mengatakan pada hari Sabtu (1/9) tidak perlu untuk menjaga Kanada dalam Perjanjian

AS-Meksiko Sepakati Kerja Sama Dagang, Kanada Tertekan: Kurangi Mobil Asia
kontan
Presiden AS Donald Trump 

TRIBUNMANADO.CO.ID, WASHINGTON - Presiden AS Donald Trump mengatakan pada hari Sabtu (1/9) tidak perlu untuk menjaga Kanada dalam Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA) dan memperingatkan Kongres agar tidak ikut campur dalam negosiasi perdagangan atau dia akan mengakhiri perjanjian perdagangan trilateral itu sama sekali.

"Tidak ada keharusan politik untuk menjaga Kanada dalam kesepakatan NAFTA baru. Jika kita tidak membuat kesepakatan yang adil untuk AS setelah beberapa dekade pelecehan, Kanada akan keluar," kata Trump di Twitter.

"Kongres tidak boleh ikut campur dalam negosiasi ini atau saya hanya akan mengakhiri NAFTA sepenuhnya dan kita akan jauh lebih baik," tambahnya.

Trump pada hari Jumat memberi tahu Kongres tentang keinginannya menandatangani kesepakatan bilateral dengan Meksiko, setelah perundingan kontroversial dengan Kanada berakhir pada Jumat tanpa kesepakatan untuk merubah NAFTA.

Trump telah mengumumkan kesepakatan dengan Meksiko pada hari Senin.

Anggota parlemen pada hari Jumat memperingatkan bahwa kesepakatan dengan Meksiko bisa sulit memenangkan persetujuan dari Kongres kecuali Kanada juga disertakan.

Dukungan dari Demokrat akan diperlukan untuk menyelesaikan kesepakatan bilateral murni, kata mereka.

Trump pada Senin mengancam akan memberlakukan tarif terhadap mobil buatan Kanada jika negara itu tidak bergabung dalam pembicaraan untuk mengubah NAFTA, yang telah berulang kali dikritiknya. \

Pada hari Sabtu, di pos Twitter-nya, Trump berkicau bahwa NAFTA telah mengakibatkan hilangnya pekerjaan dan bisnis AS.

Seolah belum puas mengungkapkan pikiran dan perasaaannya, pagi ini Trump kembali menyindir lewat cuitan pedas, "Kita tidak seharusnya membeli teman-teman kita dengan perjanjian dagang yang buruk dan perlindungan militer gratis!

Mengintip Pembangunan Tembok Perbatasan AS dan Meksiko
Mengintip Pembangunan Tembok Perbatasan AS dan Meksiko (Youtube)
Halaman
1234
Editor: Lodie_Tombeg
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help