Berita di Bolmong

Kodim Bolmong Genjot Cetak Sawah Baru Seluas 200 Hektare

Proses cetak sawah baru seluas 200 Hektare yang tersebar di Tiga Kecamatan dan Dua Kabupaten

Kodim Bolmong Genjot Cetak Sawah Baru Seluas 200 Hektare

TRIBUNMANADO.CO.ID - Proses cetak sawah baru seluas 200 Hektare yang tersebar di Tiga Kecamatan dan Dua Kabupaten di wilayah Bolaang Mongondow yang sudah lama dilaksanakan, pelaksanaan cetak sawah baru itu diawasi langsung oleh para Danramil, Babinsa bahkan Komandan Kodim 1303/Bolmong.

Komandan Kodim 1303/Bolmong Letkol Inf Sigit Dwi Cahyono S Sos berkata Minggu (2/9), terdapat
Tiga Kecamatan yang mendapatkan rejeki cetak sawah baru.

Kecamatan Dumoga dengan luas lahan cetak sawah 51,70 Ha, Kecamatan Dumoga Utara dengan luas lahan cetak sawah 12,75 Ha, Kecamatan Dumoga Barat dengan luas lahan cetak sawah 59,32 Ha, Kemudian Kecamatan Passi Barat dengan luas 15 Ha, dan yang terakhir adalah Kecamatan Lolak dengan luas 61,23 Ha.

Baca: Revitalisasi Pasar Nanasi Timur Bakal Rampung Oktober

Dandim Sigit menjelaskan, perkembangan cetak sawah dilaksanakan sudah 154,08 Ha (77,04 persen) sementara tahap pengolahan dan untuk penanaman sudah ada sebagian yang sudah ditanami seperti di Lokasi Cetak Sawah Baru di Desa Pusian.

"Dalam rangka percepatan program cetak sawah, Kodim Bolmong melaksanakan pendampingan dan pengawasan pekerjaan pencetakan sawah baru yang dilaksanakan oleh Dandim, Danramil dan Babinsa. Khususnya Babinsa melaksanakan pendampingan dan pengawasan secara melekat setiap hari di lokasi pencetakan sawah," ujar Dandim 1303/Bolmong.

Dandim Bolmong menjelaskan, beberapa hari sebelumnya, dirinya bersama Danramil, Babinsa dan kelompok tani mengecek langsung salah satu lokasi cetak sawah baru yang berada di Desa Pusian Kecamatan Dumoga dan menyaksikan secara langsung kerja alat berat tersebut.

Baca: Kodim Bolmong Dukung Penuh Program Pertanian

"Untuk di wilayah Kabupaten Bolmut ada 3 titik dengan luas areal bervariasi diantaranya di lokasi Kecamatan Kaidipang seluas 46,20 Ha, Kecamatan Bolangitang Barat dengan luas 38,80 Ha, Kecamatan Bintauna luas 15,00 Ha. Di lokasi tersebut sudah dikerjakan seluas 43,90 Ha dan tinggal 56,10 Ha dari target 100 Ha," ujar Dandim Bolmong.

Ditambahkannya maksud dan tujuan kegiatan tersebut untuk membantu dan mempercepat swasembada pangan dan membantu masyarakat mempercepat program cetak sawah dari Pemerintah.

Baca: 6 Anak Muda Diangkut Polsek Tikala Akibat Miras, Dua Diantaranya Wanita

Seperti diketahui, kegiatan cetak sawah baru yang melibatkan TNI itu berdasarkan MoU Mentan RI dengan Kasad No.01/MoU/RC.120/M/1/2015 dan No.1/I/2015 Tanggal 8 januari 2015 tentang kerja sama dengan program pembangunan pertanian.

Selain itu ada juga, ST Kasad No.ST /3824/2015 tgl 31 Desember 2015 tentang penandatangan kerja sama pelaksanaan kegiatan perluasan sawah tahun 2016 dan perintah Danrem 131/Stg untuk mengirimkan laporan perkembangan cetak sawah.

Baca: Akibat Pesta Miras, 4 Penyuka Sesama Jenis Diamankan Patroli Polresta Manado

Penulis: Maickel_Karundeng
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved