Samsung Jadi Pemasok Layar Lipat untuk Oppo dan Xiaomi?

Lama ditunggu, ponsel lipat dari Samsung kabarnya akan dirilis pada 2019 mendatang dengan nama Galaxy X.

Samsung Jadi Pemasok Layar Lipat untuk Oppo dan Xiaomi?
Lets Go Digital
Skema smartphone layar lipat tiga display milik Oppo 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Lama ditunggu, ponsel lipat dari Samsung kabarnya akan dirilis pada 2019 mendatang dengan nama Galaxy X.

Smartphone yang bersangkutan memakai teknologi layar OLED fleksibel bikinan Samsung.

Belakangan beredar kabar bahwa panel layar yang bisa ditekuk-tekuk itu nantinya tak hanya terbatas digunakan di perangkat Samsung saja, tapi juga dijual ke pabrikan lain.

Rumor terbaru yang berembus dari Korea Selatan menyebutkan bahwa pabrikan lain tersebut antara lain adalah Oppo dan Xiaomi yang berasal dari China.

Dengan kata lain, dua pabrikan ini nantinya boleh jadi bakal ikut menelurkan perangkat ponsel lipat ala Galaxy X.

Apabila benar, hal tersebut sebenarnya tidak mengherankan karena Samsung Display selaku divisi perusahaan Samsung yang memproduksi panel layar selama ini memang memasok komponen itu ke berbagai pabrikan gadget lain, termasuk Apple yang merupakan pesaing berat Samsung Mobile (divisi smartphone Samsung).

Bedanya dari yang sudah-sudah, untuk panel layar foldable sekarang, Samsung dikabarkan bakal segera mengirim komponen ke para klien pabrikan gadget begitu tersedia, tanpa menunggu beberapa lama untuk memberikan kelebihan di pasar untuk smartphone Samsung  sendiri.

Laporan dari Korea Selatan ikut menyebutkan bahwa Oppo dan Xiaomi telah dikirimi sample panel OLED fleksibel untuk dijajal.

Kedua perusahaan calon klien Samsung ini disinyalir memang tengah mengembangkan perangkat gadget dengan layar lipat.

Mengapa Samsung buru-buru menjual layar lipat ke Oppo dan Xiaomi? Laporan yang sama, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari ET News, Sabtu (1/9/2018) menyebutkan  bahwa Samsung ingin secepatnya membangun ekosistem gadget dengan layar lipat.

Semakin banyak pabrikan yang ikut membuat gadget dengan layar lipat, semakin cepat pula pasaran untuk jenis perangkat ini akan terbentuk.

Pada akhirnya, Samsung akan turut diuntungkan, apalagi ada pendapatan pula yang dihasilkan dari menjual panel OELD fleksibel ke pabrikan lain.

Apabila dugaan di atas benar adanya, maka dunia teknologi tahun depan mungkin akan diwarnai dengan mulai munculnya perangkat-perangakt dengan layar lipat.

Editor: Rine Araro
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved