Lambuyan, Bukit Primadona dari Banggai

Luwuk bisa dicapai melalui bandara Syukuran Aminudin Amir, sekitar 13 kilometer dari pusat kota atau 10-15 menit perjalanan.

Lambuyan, Bukit Primadona dari Banggai
Baharuddin Adam

Oleh Baharuddin Adam

Hotel Santika Luwuk

Banggai adalah kabupaten di ujung timur Sulawesi yang menawarkan beragam keindahan alam nan eksotis khas timur Sulawesi.

Sebagai ibu kotanya, kota Luwuk adalah pusat nadi Kabupaten Banggai.

Luwuk bisa dicapai melalui bandara Syukuran Aminudin Amir yang berjarak 13 kilometer dari pusat kota dengan jarak tempuh 10-15 menit.

Bandar udara dengan luas landasan pacu 2.200 m × 44 m ini, terhubung secara langsung (direct flight) dengan 3 kota utama di Sulawesi yaitu Makassar, Manado dan Palu yang dilayani beberapa maskapai terkemuka di Indonesia.

Selain itu, untuk penerbangan terusan (connecting flight) dari Jakarta – Luwuk dan Denpasar – Luwuk, bisa dilakukan dengan transit terlebih dahulu di Makassar, tapi bisa tiba di Luwuk pada hari yang sama.

Moda transportasi darat bisa menjadi pilihan bagi pengunjung dari beberapa kota di sekitaran Luwuk seperti Palu, Makassar, dan Poso, sedangkan transportasi laut bisa jadi alternatif bagi pengunjung dari kota Gorontalo dan Manado.

luwuk2
luwuk2 (Baharuddin Adam)

Julukan “Hongkongnya Indonesia” tidak terlalu berlebihan jika disematkan ke kota kecil ini.

Topografi kota yang dimulai dengan gunung hijau, lalu berlanjut dengan bukit yang dihiasi rumah-rumah, dan diakhiri dengan pantai dengan air sebening kristal dalam bayang biru tosca terang.

Halaman
1234
Editor: Sigit Sugiharto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help