JS-Oke Bakal Dilantik 20 Desember, Ini Penjelasan Pemkab Mitra

Bupati dan Wakil Bupati terpilih Minahasa Tenggara (Mitra), James Sumendap-Jesaja Jocke Legi (JS-Oke)

JS-Oke Bakal Dilantik 20 Desember, Ini Penjelasan Pemkab Mitra
TRIBUNMANADO/CHRISTIAN WAYONGKERE
Bupati dan wakil bupati Mitra terpilih, James Sumendap-Jesaja Jocke Legi (JS-Oke) 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Bupati dan Wakil Bupati terpilih Minahasa Tenggara (Mitra), James Sumendap-Jesaja Jocke Legi (JS-Oke) direncanakan akan dilantik Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey atas nama Tjahjo Kumolo menteri dalam negeri.

"Rencanannya tanggal 20 Desember 2018 di ibu kota provinsi Sulut. Pemerintah kabupaten Mitra sebagai undangan untuk menghadiri pelantikan yang diselenggarakan pemprov Sulut," jelas Novry Raco kepala bagian (kabag) pemerintahan dan otonomi daerah (Otda) setda kabupaten Mitra, Jumat (31/8/2018).

Baca: ‎Kasim Sebut Pembangunan Billboard di Tengah Jalan Harus Ada Izin, Sekda Mitra Janji Bakal Hentikan

Pelantikan JS-Oke sempat diwarnai lobi-lobi tingkat tingkat mengenai waktu pelantikan, sejumlah pihak berkeinginan dilantik pada tahap pertama tanggal 20 September 2018.

Namun keinginan itu mentah, karena berdasarkan ketentuan daerah yang masa jabatan bupati dan wakil bupati habis diatas tanggal 20 September 2018 akan dilantik pada tahap kedua yaitu tanggal 20 Desember 2018.

"Pak bupati habis masa jabatannya 24 September 2018, selisih beberapa hari saja dengan pelantikan kepala daerah hasil Pilkada 27 Juni 2018," urainya.

Dengan demikian kabupaten Mitra, bakal dipimpin oleh seorang penjabat bupati selama lebih dari dua bulan.

Baca: Di Mitra 5,482 Wajib KTP Belum Perekaman, Dapat Pujian Disdukcapil Provinsi

Pejabat bupati nantinya merupakan kewenangan dari gubernur Sulut Olly Dondokambey, pejabat esalon II yang mengantongi jabatan di lingkungan pemprov Sulut.

Adapun untuk pelantikan kepala daerah hasil Pilkada 27 Juni 2018 pada gelombang pertama adalah Kota Kotamobagu, Kabupaten Minahasa dan Kabupaten Bolmut.

"Untuk Mitra akan dilantik bersama dengan Sitaro," tambahnya.

Baca: Sekda Mitra Tegaskan Bakal Hentikan Pengerjaan Pembuatan Baliho Jika Belum Ada IMB

Saat ini muncul pertanyaan, siapa yang akan ditunjuk gubernur Olly sebagai penjabat Bupati. Kabar dan spekulasi yang mulai berhembus pejabat yang akan menduduki posisi Penjabat Bupati Mitra adalah BA Tinungki.

"Ya, siapa saja bisa tergantung pak Gubernur. Pak Tinungki boleh, sekda atau asissten I Mitra juga bisa," tambah Godlieb Mamahit Asissten I pemkab Mitra.

Piether Owu, Asissten III pemkab Mitra pejabat di provinsi Sulut yang akan menduduki posisi Penjabat Bupati Mitra saat ini menduduki kepala di satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Provinsi Sulut.

"Ada dua kandidat yang akan jadi penjabat, satu diantara kandidat pak Tinungki dan satunya lagi masih rahasia tunggu saja," jelas Owu.(crz)

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved