10 Fitur Baru Smartphone yang Menuai Keluhan

Jika pun ada inovasi yang diperkenalkan salah satu vendor, maka vendor lain akan mengekor dan menjadi tren baru.

10 Fitur Baru Smartphone yang Menuai Keluhan
Ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Beberapa tahun belakangan, desain smartphone tampak seragam. Jika pun ada inovasi yang diperkenalkan salah satu vendor, maka vendor lain akan mengekor dan menjadi tren baru.

Desain layar "notch" misalnya. Sejak diperkenalkan oleh Apple di iPhone X akhir 2017 lalu, ada banyak vendor smartphone Android yang ikut-ikutan menggunakan desain layar "poni" tersebut dalam kurun waktu kurang dari setahun.

Nyatanya, tidak semua pengguna Android senang dengan inovasi yang ditawarkan. Berikut fitur-fitur yang menjadi tren di smartphone, namun tetap dikeluhkan dan membuat jemu pengguna setianya.

1. Hilangnya colokan jack audio 3,5 mm

Ketika pertama kali Apple meluncurkan iphone 7 tanpa colokan audio jack 3,5mm, Apple menuai banyak cacian. Namun ternyata, banyak juga vendor yang mengikuti jejak Apple untuk menanggalkan colokan jack audio.

Tak hanya ikuti tren, kebanyakan pabrikan memilih opsi tersebut atas pertimbangan desain. Tanpa colokan jack audio, bodi ponsel akan semakin ramping, ruang untuk kapasitas baterai semakin luas, dan semakin mudah membuatnya anti-air.

Alasan ekonomis juga dipertimbagkan, di mana produsen juga menjual headphone nirkabel atau USB type C secara terpisah. Dengan demikian, pengguna harus membeli adaptor lagi untuk memasang perangkat audio di ponselnya, jika memilih tidak menggunakan koneksi wireless.

2. Baterai tanam

Ponsel kekinian banyak mengusung desain unibodi, di mana baterai tertanam di bodi perangkat. Hal itu mengakibatkan pengguna tidak bisa seenaknya mengganti baterai perangkat.

Desain non-removable kemungkinan cocok bagi mereka yang mengutamakan desain ponsel ramping nan kokoh. Namun bagi pengguna yang ingin memiliki ponsel awet bertahun-tahun, ini bukan opsi menyenangkan.

Halaman
1234
Editor: Rine Araro
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved